Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA BUKA WORKSHOP PENGGALANGAN KOMITMENT PERSIAPAN AKREDITASI PUSKESMAS SEKOTA SIBOLGA

SIBOLGA  WaliKota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM membuka Workshop Penggalangan Komitment Tingkat Kota dalam rangka persiapan akreditasi puskesmas se-Kota Sibolga Tahun 2016, yang bertempat di Aula Yenni Sopo Holong Kota Sibolga, Senin (20/6).           

Dalam sambutannya Wali Kota Sibolga mengatakan, bahwa pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional. Tujuan diselenggarakannya pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. 

“Keberhasilan pembangunan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan mutu dan daya saing sumberdaya manusia Indonesia. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di Kota Sibolga, maka diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar. Dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 75 Tahun 2014, tentang puskesmas merupakan landasan hukum dalam penyelenggaraan puskesmas, yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kota Sibolga yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya”, kata Syarfi. 

Sambung Syarfi, Visi Kota Sibolga adalah  mewujudkan Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing, dengan Misi kedua yaitu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara merata dan terjangkau bagi masyarakat. 

“Maka dalam rangka menjalankan misi ini, kita harapkan dapat terwujud hasilnya ditandai dengan meningkatnya akses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan bermutu, terselenggaranya pembangunan berwawasan lingkungan yang sehat, dan meningkatnya pola hidup bersih dan sehat dengan salah satu cara yakni mengakreditasi seluruh pelayanan kesehatan baik pelayanan dasar puskesmas maupun pelayanan lanjutan yaitu rumah sakit sebagai upaya untuk menyelesaikan perjalanan pembangunan kesehatan”, pungkas Syarfi. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Mhd. Yusuf Batubara SKM,MM dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama khususnya di puskesmas se-Kota Sibolga.   “Tujuan khususnya adalah peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan klinis, serta penerapan manajemen resiko di puskesmas.

Akreditasi puskesmas merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan puskesmas yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.“Dalam pelaksanaan akreditasi dilakukan penilaian terhadap manajemen puskesmas, penyelenggaraan program kesehatan, dan pelayanan klinis dengan menggunakan standar akreditasi puskesmas yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Agar puskesmas dapat memenuhi standar akreditasi sebagaimana yang telah ditetapkan dalam instrumen penilaian akreditasi puskesmas, maka perlu dilakukan tahapan-tahapan mulai dari sosialisasi, persiapan, pendampingan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi, kata Yusuf.             (amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *