Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

98 ORANG WISUDAWAN ANGKATAN PERTAMA POLINELA PDD AKN SIBOLGA DI WISUDA

SIBOLGA – 98 orang Mahasiswa dari dua (2) Program Studi Tekhnologi Pangan Diplomasi Satu (D1) dan Budidaya Perikanan (D1) Politeknik Negeri Lampung Program Diluar Domisili (PDD) Kota Sibolga Tahun Akademik 2015/2016 di Wisuda dan merupakan Lulusan Pertama semenjak dibuka Program Studi Diluar Domisili, Kamis (06/10/2016) di Gedung Nasional Kota Sibolga.

Direktur Polinela Ir. Joko Sutopo Sugeng Hartono, M.T.A selaku yang mewisuda saat menyampaikan kata sambutannya mengatakan, bahwa semenjak tahun 2012 dirinya mendapat penugasan dari Kementerian Agama Riset Teknologi Pendidikan Tinggi untuk menyelenggarakan  program Studi Diluar Domisili (PDD) setingkat Diploma I dan II sebagai rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN).

“Sampai saat ini Polinela PDD AKN telah membina Tujuh PDD yang ada di 6 Provinsi yakni, Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu, Kabupaten Mukomuko Bengkulu, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung dan Kabupaten Cianjur Jawa Barat,” ungkapnya.

Kemudian di tahun 2014 diberi kepercayaan membina PDD Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dan Kota Sibolga, Sumatera Utara serta Tahun 2015 di tambah Kabupaten Mentawai Sumatera Barat, tambah Joko.

Disebutkan Joko, mulai berdiri dari tahun 1992 hingga 6 Oktober 2016, jumlah mahasiswa yang telah di Wisuda sebanyak 6.102 orang untuk program Sarjana Terapan (S1 Terapan) dan Ahli Madya (DIII) yang tersebar di 13 Program Studi, sedangkan program DI dan DII di lima (5) Program Studi Diluar Domisili (PDD) dari tahun 2013 hingga hari ini sebanyak 1.181 orang, sebutnya.

Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk yang turut hadir, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah di Wisuda, semoga ilmu yang di peroleh dapat di terapkan dan menjadi modal, sehingga matang untuk kedepannya.

“Kami sangat prihatin jika predikat dan prestasi yang diperoleh hanya sebagai simbol status belaka, oleh karena itu, harus ada perubahan sikap dan perilaku serta nilai tambah yang dapat ditunjukkan dan sumbangkan kepada masyarakat bangsa dan negara dengan berbekal ilmu yang telah di dapatkan,” ucap Syarfi.

Disampaikannya, bahwa Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Lampung Akademi Rintisan Negeri Sibolga ini bukanlah Perguruan Tinggi Abal – Abal, para mahasiswa akan mendapat Ijazah berstatus Negeri dan telah banyak pula lulusannya berhasil dan bekerja di perusahan besar di bidang perikanan dan kelautan, jadi tidak perlu takut akan legalitas Polinela ini, ungkap Syarfi.

“Sebuah keuntungan bagi para mahasiswa yang masuk di Polinela AKN Sibolga, dimana setiap mahasiswa di beri subsidi oleh Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga untuk biaya kuliahnya, itu semua dilakukan Pemko Sibolga sebagai bentuk wujud kepedulian Pemko meningkatkan kualitas anak – anak Kota sibolga di bidang pendidikan, yang diharapkan menjadi ujung tombak penggerak kemajuan pembangunan di bidang kemaritiman sesuai ilmu yang diperoleh,” bebernya.

Untuk itu, Wali Kota Sibolga  Syarfi Hutauruk berharap, dengan di wisudanya angkatan pertama Politeknik Negeri Lampung PDD Kota Sibolga sebagai rintisan berdirinya Akademi Komunitas Negeri Sibolga dapat terus maju dan berkembang sehingga sejajar dengan perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya, dan melahirkan alumni profesional yang benar – benar dibutuhkan masyarakat, harap beliau.

Dalam kesempatan itu juga, disampaikan bahwa wisudawan terbaik Polinela PDD AKN Sibolga untuk Program Studi Teknologi Pangan atas nama Rahmat Batubara dengan IPK 3.76, dilanjutkan Sheyna Siregar dengan IPK 3.64, Nita Karolina Sidabutar IPK 3.63 dan Jufriani Zega 3.63. Sedangkan untuk Program Studi Budidaya Perikanan, Wisudawan terbaik diraih Arifan Aldy Siregar dengan IPK 4.00, Listia Amanda IPK 3.93 dan Organda Simbolon IPK 3.89. (amir/hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X