Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA RESMIKAN GEDUNG PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

SIBOLGAWali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, meresmikan gedung Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga, Selasa (16/1/2018) siang. Peresmian gedung ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemko Sibolga Drs. Mochamad Sugeng, Asisten I Pemko Sibolga Josua Hutapea, Asisten II Pemko Sibolga Juneidi Tanjung, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L.Tobing, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Hendra Syahputra, anggota DPRD Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta camat dan lurah se-Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, M.M, menyampaikan bahwa dokumen kependudukan merupakan pelayanan administrasi dasar untuk memperoleh pelayanan publik lainnya, seperti pelayanan BPJS Kesehatan, penerbitan SIM, penerbitan paspor, dan pelayanan publik lainnya, semuanya memerlukan data administrasi kependudukan berupa kartu keluarga (kk) maupun Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Syarfi melanjutkan, masyarakat Kota Sibolga sangat membutuhkan kualitas layanan administrasi kependudukan yang berkualitas, mudah, gratis, serta dengan fasilitas pelayanan yang nyaman dan representatif. Oleh karena itu, dengan diresmikannya gedung pelayanan ini tentunya semakin melengkapi peningkatan fasilitas pelayanan di bidang administrasi kependudukan bagi masyarakat Kota Sibolga, sehingga diharapkan masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas dan memuaskan.

“Pada tahun 2018 ini akan dicanangkan gerakan masyarakat sadar administrasi kependudukan. Saya meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar mendukung gerakan ini dengan baik melalui berbagai upaya, salah satunya yaitu melalui pelayanan jemput bola dan berbagai inovasi pelayanan lainnya sehingga mencapai hasil yang optimal,” ucap Syarfi.

Sementara itu, dalam laporan ketua panitia, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga Drs. Ahmad Sulhan menyampaikan bahwa, pembangunan gedung pelayanan ini merupakan pembangunan tahap awal, dimana pengerjaannya dimulai sejak bulan Agustus sampai dengan bulan November Tahun 2017. Adapun anggaran pembangunan bersumber dari APBD Kota Sibolga Tahun 2017, yaitu sebesar Rp. 534.471.000,-. Berdasarkan perencanaannya, gedung ini rencananya di bangun dengan struktur bangunan tiga lantai, dimana pada tahun 2018 ini  direncanakan pembangunan untuk lantai kedua.

Sulhan menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2017, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga telah melakukan inovasi pelayanan di bidang administrasi kependudukan sehingga memperoleh hasil yang optimal. Diantara keberhasilan yang telah diraih adalah terpilihnya Kota Sibolga sebagai bagian dari 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang melaksanakan program Kartu Identitas Anak (KIA) pada Tahun 2017. Selanjutnya pencapaian kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun yang melampaui target nasional yaitu sebesar 86,56%, serta perekaman KTP Elektonik telah mencapai 90,45% pada Tahun 2018. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga juga telah melakukan berbagai inovasi di bidang pelayanan administrasi kependudukan, diantaranya melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan terintegrasi yaitu dengan memberikan kemudahan kepada penduduk untuk mendapatkan beberapa dokumen kependudukan sekaligus dalam satu kali pengajuan, melalui program inovasi pelayanan 3 in 1 ; 4 in 1 ; 5 in 1.

“Dan untuk mendorong kepemilikan KTP Elektronik, maka telah diterapkan pelayanan KTP Elektronik langsung jadi, dan memberi kemudahan prosedur serta persyaratan penerbitan KTP Elektronik baru yaitu cukup dengan membawa fotocopy kartu keluarga untuk melakukan perekaman data ke Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK),” jelas Sulhan.

Disela-sela acara peresmian gedung pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs. Ahmad Sulhan, M.AP, menyerahkan piagam penghargaan bagi kecamatan dan kelurahan terbaik pada kegiatan “Lomba Pelaksanaan Administrasi Kependudukan Tingkat Kota Sibolga Tahun 2017”. (amir/mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X