Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALIKOTA SIBOLGA CEK KETERSEDIAN DAN HARGA SEMBAKO DI PASAR

SIBOLGA – Dalam Menyambut Hari Natal tahun 2018 dan Tahun Baru 2019, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM dan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi,  yang didampingi oleh Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara SKM, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Sibolga Ir.Robinhot Panjaitan, dan beberapa Pimpinan OPD Kota Sibolga sidak ke Pasar Nauli Sibolga dan Pasar Inpres Aek Habil untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga sembilan bahan pokok (Sembako) di Kota Sibolga setelah sebelumnya melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Sibolga serta instansi terkait, Senin (17/12).

Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, menyebutkan, sejumlah kebutuhan pokok dan stok di dua pasar tradisional yang ditinjau tersebut terpantau normal, meski beberapa komoditi lain seperti telur ayam mengalami kenaikan Rp.100-200 namun hal itu tidak menyulitkan baik bagi pedagang maupun pembeli.

“Sampai hari ini belum ada kenaikan, Biasa yang mencemaskan kita tingkat inflasinya tinggi itu soal cabai, tapi sekarang kondisi harga cabai masih normal dikisaran harga Rp.18 ribu  per kilogram untuk cabai bulat dan Rp23 ribu per kilogram untuk cabai giling. Begitu juga dengan beras dan minyak goreng masih normal,” kata Syarfi.

Dia juga menyebut, berdasarkan ekspos KPw Bank Indonesia Sibolga terkait kondisi harga, bahwa tingkat inflasi Kota Sibolga tidak begitu tinggi dan bahkan mengalami deflasi mencapai 0.28 persen.

“Saya menghimbau masyarakat tidak melakukan penimbunan barang untuk meraup keuntungan besar, sehingga terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga, Kalau ada masyarakat yang sengaja melakukan penimbunan barang digudang-gundang maka izinnya kita cabut, orangnya kita tangkap,” tegas Syarfi.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan harga cabai yang tinggi, saat ini Pemko Sibolga memiliki stok cabai sebanyak 7-9 ton yang disimpan di Humbang Hasundutan.

“Kalau ada pedagang yang berani menaikkan harga cabai, maka kita akan keluarkan stok cabai kita, jadi nggak boleh dinaikkan harga,” ujar Syarfi

Usai meninjau pasar, Wali kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, beserta rombongan kemudian meninjau ketersedian beras di Gudang Bulog Sibolga.   (Amir / Mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X