Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA TERIMA PENGHARGAAN UHC JKN KIS AWARD

SIBOLGA-Wali Kota Sibolga Drs.H.M Syarfi Hutauruk, M.M,  menerima penghargaan atas pencapaian Universal Health Coverage (UHC) dari Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo, yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi,  kabupaten/kota yang telah memastikan semua orang mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan, tanpa harus mengalami kesulitan pembayaran. Atas keberhasilan ini, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Kesehatan Kota Sibolga, mengadakan acara penyambutan dan arak-arakan serta syukuran, bertempat di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Sibolga, hari ini, Jumat (25/5/2018).

Acara syukuran ini dihadiri oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Sekretaris Daerah Kota Sibolga M.Yusuf Batubara, SKM, Forkopimda Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, camat dan lurah se-Kota Sibolga, serta para stakeholder kesehatan,  khususnya UPTD Puskesmas se-Kota Sibolga, pihak BPJS Kesehatan Sibolga, kepling, dan unsur masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga menyampaikan bahwa, pembangunan kesehatan merupakan salah satu integral dan terpenting bagi pembangunan nasional. Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran,  kemauan dan kemampuan hidup bagi setiap orang agar terwujud kesehatan masyarakat yang optimal. Jaminan kesehatan masyarakat yang diusung oleh pemerintah saat ini adalah Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Program JKN-KIS ini merupakan salah satu program pemerintah Presiden Jokowi-JK yang tercantum dalam Nawacita ke-5 yaitu, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Wali Kota Sibolga menjelaskan,  UHC yang diusung oleh pemerintah pusat mensyaratkan minimal 95% penduduk di daerah yang sudah memiliki jaminan kesehatan. Dalam hal ini, pencapaian Kota Sibolga hingga Bulan Mei Tahun 2018, sudah mencapai 96,56% penduduk yang memiliki jaminan kesehatan,  dan diharapkan akan mencapai tercapai 100%.

Dikesempatan ini Wali Kota turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja dan berpartisipasi atas pencapaian tersebut. “Terima kasih juga kita sampaikan kepada masyarakat beserta semua penggiat. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi bagian untuk memotivasi kita, sekaligus memacu kinerja yang lebih baik, sehingga ke depan kita terus mendapatkan penghargaan UHC dari pemerintah pusat. Dan untuk ke depannya, penghargaan ini jangan hanya sekedar piala, kalau boleh ada bantuan dana atau tambahan alokasi APBN untuk Pemerintah Kota Sibolga,” ucap Syarfi Hutauruk.

Dikesempatan itu, dirinya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Sibolga dan BPJS Kesehatan Kota Sibolga agar tidak merasa puas dengan penghargaan yang diterima. Dirinya berharap penghargaan ini dapat semakin memotivasi untuk bekerja lebih baik lagi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Drs.Firmansyah Hulu, A.Pt, M.Kes, menyampaikan, bahwa keberhasilan Pemerintah Kota Sibolga meraih penghargaan UHC Tahun 2018 ini tidak terlepas dari keseriusan Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, dalam menata kesehatan serta sarana dan prasarana puskesmas di Kota Sibolga.

“Setelah tim turun dan melakukan penilaian, kemudian kita akhirnya mendapatkan Piala UHC. Dan dengan adanya penghargaan yang diterima ini, seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan Kota Sibolga agar semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik dibidang kesehatan kepada seluruh warga Kota Sibolga,” serunya.(team kominfo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X