Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA SAMBUT KEDATANGAN JEMAAH HAJI

SIBOLGA-Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, di dampingi oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi, Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara, Forkopimda Kota Sibolga, para Pimpinan OPD Kota Sibolga, Camat dan Lurah, menyambut kepulangan jemaah haji asal Kota Sibolga, sekaligus mengupa-upa dan tepung tawari para jamaah, di Masjid Agung Sibolga, Kamis (20/09), siang.

Kepala staf urusan haji Kota Sibolga yang juga Kasi PHU Kantor Kemenag Kota Sibolga H. Rasidin Barasa MA, dalam laporannya mengungkapkan, pada tahun ini jumlah jemaah calon haji asal Kota Sibolga yang berangkat dari Kota Sibolga pada tanggal 7 Agustus 2018 lalu tercatat sebanyak 24 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 19 orang perempuan.

Lanjutnya, pada pemeriksaan kesehatan tahap 3 di embarkasi medan, 1 orang jemaah haji dinyatakan tidak memenuhi istitho’ah haji dengan keterangan demensia akut atau pikun dan ditunda keberangkatannya ke tahun berikutnya. “Jadi, jemaah haji Kota Sibolga tahun 2018 berangkat dari Medan pada tanggal 9 Agustus 2018 pada pukul 00.10 wib berjumlah 23 orang dengan rincian laki-laki sebanyak 5 orang dan perempuan sebanyak 18 orang,” jelasnya.

Jemaah haji Kota Sibolga bergabung dengan kloter 17 yang terdiri dari Kota Medan, Humbahas, dan Kota Sibolga. Setibanya di Arab Saudi para calon jemaah haji tinggal di pemondokan jemaah di maktab 29 hotel 601 sektor 06 daerah masbah jin, dan semua jemaah telah melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik selama 40 hari di tanah suci dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat.

“Adapun nama calon jemaah haji yang gagal berangkat di karenakan tidak memenuhi istitho’ah haji dengan keterangan demensia akut atau pikun atas nama Asrina Marbun, dan ada salah seorang jemaah haji atas nama Rosmila Hutagalung yang setibanya di Kota Sibolga langsung dibawa ke rumah sakit F.L.Tobing Kota Sibolga dikarenakan kelelahan,” jelasnya.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M.Syarfi Hutauruk M.M, mengungkapkan rasa haru dan gembira karena seluruh jamaah haji asal Kota Sibolga yang berjumlah 23 orang telah kembali ke Kota Sibolga dalam keadaan sehat wal afiat, walaupun salah seorang jemaah haji Kota Sibolga atas nama Rosmila Hutagalung langsung di bawa ke rumah sakit F.L.Tobing Kota Sibolga dikarenakan kelelahan.

“Kita mendoakan, mudah-mudahan semua jemaah haji kita, menjadi haji dan hajjah yang mabrur, serta dapat menjadi panutan dan tauladan dalam kehidupan bermasyarakat,” ucap Syarfi seraya mengaku bangga bahwa seluruh jemaah haji Kota Sibolga tetap menjaga kekompakan, kebersamaan dan persaudaraan serta saling tolong menolong selama berada di tanah suci Makkah.

Hal itu mengindikasikan bahwa, pelaksanaan manasik haji yang digelar setiap tahun sebelum keberangkatan jemaah haji merupakan kegiatan yang sangat berguna dan bermanfaat. Karena, hubungan silaturahmi antar jemaah calon haji telah terjalin akrab dan harmonis.

Menurut Wali Kota Sibolga, menunaikan ibadah haji merupakan momen yang paling dirindukan setiap umat Islam. Bahkan, bagi mereka yang sudah pernah menunaikannya, pasti memiliki keinginan kuat untuk menunaikan ibadah haji berkali-kali bila ada kesempatan.

Mewakili jemaah haji H. Muhammad Zaini Tanjung mengungkapkan, selama berada di tanah suci Makkah, jemaah haji asal Kota Sibolga senantiasa dalam keadaan sehat. “Seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji juga telah kami laksanakan dengan baik. Alhamdulillah, kami juga memperoleh rejeki,” ucap Zaini.

Sebelumnya, jemaah haji dan hajjah asal Kota Sibolga yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) 17 dijemput dari Bandara Pinangsori menggunakan bus milik Pemko Sibolga. Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, yang telah menunggu kedatangan jemaah di Masjid Agung terpantau meneteskan air mata haru begitu melihat rombongan jemaah haji telah kembali dengan selamat. (mks/amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X