Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA PIMPIN APEL GELAR PASUKAN TIM PDKB DAN TIM YANTEK PT.PLN

SIBOLGAWali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, memimpin apel gelar pasukan dan peralatan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan Pelayanan Teknik (YANTEK), yang diselenggarakan PT. PLN Area Sumatera Utara, dilaksanakan di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga, Kamis (3/5/2018), siang.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengungkapkan, bahwa saat ini PT.PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara (Sumut) sudah memiliki tim khusus yang bekerja untuk pemeliharaan jaringan listrik tanpa melakukan pemadaman yang disebut Tim PDKB, dan tim tersebutsaat ini sudah beroperasi di 4 area yakni, PLN Area Medan, PLN Area Binjai, PLN Area Pematang Siantar, dan PLN Area Lubuk Pakam.

Dijelaskan, bahwa kebutuhan masyarakat akan energi listrik pada saat ini sangat besar, seperti peralatan rumah tangga dan industri saat ini telah banyak menggunakan listrik, maka dengan adanya Tim PDKB ini akan sangat bermanfaat dalam menjaga keandalan pasokan energi listrik ke masyarakat, sehingga bila pasokan listrik terpenuhi maka akan berdampak akan peningkatan kualitas kehidupan serta menjadi pendorong kegiatan ekonomi.

Dikesempatan itu, wali kota mengatakan, bahwa selain tim PDKB juga ada petugas pelayanan teknik (Yantek), yang bertugas melaksanakan penanganan gangguan dan keluhan yang disampaikan pelanggan melalui call centre 123. “Petugas Yantek akan siap siaga 24 jam untuk menyelesaikan laporan gangguan dan keluhan dari pelanggan. Untuk diketahui, PT.PLN (Persero) Sumatera Utara saat ini memiliki 2.734 petugas Yantek, yang terdiri dari 116 regu mobil, 200 regu motor, dan 18 petugas ranger,” jelasnya.

Manager Distribusi PT. PLN Sumatera Utara Budiono menyampaikan, sebelum pembentukan Tim PDKB Kota Sibolga, seyogianya harus disiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dengan mengedepankan personil internal, tetapi jika dibutuhkan akan dilakukan perekrutan dari eksternal.

“SDM harus di didik dulu, lebih kurang dari 6 bulan atau diberikan diklat agar bisa menguasai teknis saat melakukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan tinggi.Sebagai tahap awal ini, untuk perekrutan kita akan mengutamakan personil internal dulu, akan tetapi jika personil internalnya masih kurang, kita akan rekrut yang baru di Kota Sibolga. Dan, karena ini masih tahap awal, jadi kita bentuk satu tim dulu. Adapun tujuan dibentuknya tim khusus PDKB ini yaitu, untuk melakukan pemeliharaan dan pemulihan jaringan listrik, apabilaterjadi gangguan, salah satunya seperti yang disebabkan oleh bencana alam maupun gangguan lainnya,” jelasnya. (amir/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X