Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA LANTIK AMARULLAH GULTOM SEBAGAI KETUA KWARTIR PRAMUKA KOTA SIBOLGA

SIBOLGA Wali Kota Sibolga, Drs. H.M.Syarfi Hutauruk, M.M, mengukuhkan dan melantik pengurus baru Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab dan Kwartir Kota Sibolga, di Gedung Nasional, Sabtu (10/5/2018) pagi. Pada pengukuhan ini,Amarullah Gultom diamanahkan menjadi Ketua Kwartir Pramuka Kota Sibolga untuk masa bakti  Tahun 2018 s/d 2023.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi,Sekretaris Daerah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus Lumbantobing, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD Kota Sibolga, mewakili Danrem 023/KS, Dandim 0211/TT Jimmy Rihi Tugu, Danlanal Kota Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto KST, Wakapolres Kota Sibolga Kompol Reza F. Lubis, para pimpinan OKP, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M.Syarfi Hutauruk, M.M,yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Cabang Kota Sibolga, menyampaikan bahwa, beliau menginginkan kegiatan ekskul di sekolah-sekolah untuk memasukkan Pramuka sebagai ekskul wajib, mengingat gerakan Pramuka sangat sinkron dengan khittah pendidikan.“Saya melihat pramuka sangat dekat dari nilai-nilai religius, itu kita lihat dari Dasa Dharma Pramuka yang sering kita ucapkan bersama-sama, terutama Dasa Darma yang pertama yaitu taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Gerakan Pramuka juga dapat mengeratkan kebhinekaan serta pembinaan Pramuka yang positif dapat menjaga generasi muda dari pengaruh paham perusak tatanan kebangsaan,” jelas Syarfi Hutauruk.

Menurut beliau, dalam sejarah Indonesia tidak bisa dipungkiri Pramuka tampil di depan dan para tokoh dan senior telah menunjukkan perjuangannya, yang paling utama adalah untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pramuka harus terus dikembangkan. Insya Allah, Pramuka mampu jadi tokoh dan teladan bagi kita semua, kepada generasi muda, Pramuka terbukti telah membantu membentuk karakter disiplin, amanah dan jujur bagi generasi muda,” ucap Syarfi Hutauruk.

Dikesempatan itu, Wali Kota Sibolga kembali menegaskan bahwa kegiatan pelantikan pengurus baru Kwarcab Pramuka Kota Sibolga adalah legal dan sesuai dengan konstitusi UUD 1945, bukan sesuai dengan isu yang disampaikan segelintir oknum baik secara lisan maupun di media sosial.Pelantikan ini sudah sesuai dengan aturan, jadi diharapkan kepada semua untuk mengikuti peraturan yang ada pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Pramuka. Maka tidak sembarang mengambil keputusan selaku ketua majelis.

Wali Kota Sibolga juga berharap, agar pengurus yang baru dilantik mampu mengembangkan dan memajukan gerakan Pramuka di Kota Sibolga, serta mengimbau kader Pramuka untuk menjauhi narkoba dan tidak ikut melakukan tauran.“Kami menaruh harapan besar kepada ketua dan pengurus baru untuk membina generasi muda ini, agar menjauhi narkoba dan hal tidak baik lainnya. Mari berkorban di Pramuka, jangan cari hidup di Gerakan Pramuka, tapi hendaklah menghidupi Gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sibolga yang baru dilantik, Amarullah Gultom menyampaikan bahwa, untuk memaksimalkan program Pramuka pihaknya akan mengidentifikasi sekolah-sekolah yang belum menjalankan ekskul Pramuka. Hal ini merujuk kepada amanat Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 yang menegaskan bahwa Pramuka sebagai ekskul wajib.

Amarullah Gultom juga mengungkapkan bahwa, dalam Dasa Dharma Pramuka telah dituntun untuk menjadi pribadi yang bersifat baik dan berakhlak sehingga tentu gerakan Pramuka ini menjadi pendorong program pemerintah. Gerakan Pramuka kedepan perlu untuk menguatkan satuan karya (Saka) pada bidang tertentu, seperti bidang kehutanan yang dalam Pramuka dikenal dengan Saka Wanabakti yang tentu peduli pada lingkungan, Saka Bhakti Husada pada gerakan sektor kesehatan, Saka Pariwisata yang turut menyoroti kaitan dengan pengembangan dan persoalan pada dunia pariwisata, sekaitan dengan teknis Saka ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait.

“Pendidikan kepramukaan berkontribusi dalam pendidikan nasional dan pembangunan karakter. Gerakan Pramuka juga membangun semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda. Karena itu, dibutuhkan dukungan semua pihak, termasuk pemerintah melalui anggaran. Kita juga berharap kepada wartawan bisa bekerjasama untuk publikasi kegiatan-kegiatan Pramuka,” ucapnya. (mks/amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X