Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota Sibolga Kembali Torehkan Prestasi, 2 Anugerah Indeks Kelola 2019 Berhasil Diraih

Dinas Kominfo Kota Sibolga | Jakarta – Seolah tak henti menerima panghargaan jelang akhir masa jabatannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM kembali torehkan prestasi di level nasional. Kali ini Hasil riset Katadata Insight Center (KIC), dari 64 kabupaten dan kota di Indonesia yang unggul dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan mendapatkan penghargaan Indeks Kelola 2019, Kota Sibolga terpilih sebagai pemenang untuk 2 kategori, yakni Pemenang ke 3 untuk kategori Outcome Kesehatan dan Pemenang ke 2 Kategori Ketepatan Alokasi Ekonomi.

Hasil riset KIC, dari 64 kota yang memiliki keunggulan dalam mengelola APBD. Ke-64 kota tersebut masuk dalam empat kategori yang dipilih oleh KIC, yaitu pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan ekonomi. 9 daerah mampu meraih dua penghargaan, yaitu Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Sumbawa Barat Daya, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Sumbawa, Kota Sibolga, dan Kabupaten Asmat.

“Daerah-daerah tersebut memang melakukan banyak inovasi dan layak mendapatkan apresiasi,” tutur Heri Susanto, Chief Content Officer Katadata pada saat penganugerahan Indeks Kelola 2019, yang digelar di Djakarta Theatre XXI Jakarta, pada Kamis (28/11/19) malam.

Hadir sebagai Keynote Speaker pada malam penganugerahan ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Drs. Syarifuddin, MM mewakili Mendagri, dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, SE, M.Sc, PhD. Wali Kota Sibolga juga tampil sebagai salah satu Panelis, dari hanya 5 Panelis yang terpilih secara nasional untuk tampil pada malam penganugerahan ini, bersama Bupati Sangihe, Bupati Pekalongan, Bupati Tegal, dan Panel Ahli Indeks Kelola.