Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota Sibolga Ingatkan Wajib Pajak Segera Lapor SPT

SIBOLGA – Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, mengajak dan mengingatkan para Wajib Pajak, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lainnya untuk segera menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi menggunakan e-filing.

“Ayo kita taat pajak, laksanakan kewajiban kita secara benar dan jujur dengan melaporkan SPT tahunan kita ke Kantor Pajak atau melalui e-filing,” ajak Syarfi Hutauruk saat melaporkan SPT Tahunan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama di Kota Sibolga, Kamis (8/3/2018) kemarin.

Proses penyampaian SPT secara online yang dilakukan Wali Kota Sibolga tersebut didampingi oleh Plh. Kepala KPP Pratama Sibolga Daniel Zebua, Sekretaris Daerah Pemko Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, serta para pimpinan OPD Kota Sibolga.

Menurut wali kota, pelayanan pembayaran pajak saat ini lebih dipermudah, cepat, dan efisien, karena proses pelaporan bisa dilakukan melalui e-filing. “Jadi ketika datang ke Kantor Pajak kita bisa mengambil tanda terimanya. Alhamdulillah semua cepat, secara pribadi saya mengurus pajak tidak lain untuk memberi contoh dan mengajak masyarakat melakukan pelaporan dan pembayaran pajak, karena pajak merupakan sumber pembangunan,” ucapnya.

Dia mengatakan, keterlibatan masyarakat membangun negara Indonesia salah satunya adalah seluruh warga negaranya taat asas dan pajak, sebab pajak merupakan ornamen penting dalam pembangunan. “Bila kita mempunyai kesadaran untuk membayar pajak, maka pembangunan di negara maupun di daerah akan maju dengan cepat. Dengan begitu masyarakat akan mendapatkan akses kemudahan dan kenyamanan dari hasil pembangunan tersebut,” imbuhnya.

Penyerahan SPT tahunan ini, dijelaskan, akan berakhir pada 31 Maret 2018 mendatang, dan itu sebabnya masyarakat sebagai wajib pajak dihimbau untuk segera melakukan pelaporan dan pembayaran pajaknya. “Pajak memegang peranan yang sangat vital bagi bangsa dan negara, keberlangsungan dan kemandirian sebuah bangsa ditopang oleh pajak karena penerimaan pajak menyokong 80 persen dari total pendapatan APBN,” kata Wali Kota Sibolga.

Ditempat yang sama, Plh. Kepala KPP Pratama Sibolga Daniel Zebua mengatakan pelayanan pajak mempunyai dua program yaitu SPT tahunan dan tax amnesty. “Batas akhir pelaporan pada 31 Maret 2018 mendatang. Jadi sampaikan segera, lebih awal lebih nyaman dan KPP Pratama tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ucapnya. (mks/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X