Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota Sibolga Canangkan Bulan Bhakti IBIKB-Kesehatan Dan Pelayanan KB MOP

SIBOLGA – Ditandai dengan pemukulan gong, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, didampangi Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, membuka pelaksanaan kegiatan pencanangan bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI)-KB-Kesehatan dan Pelayanan KB (keluarga berencana) Medis Operasi Pria (MOP) tingkat Kota Sibolga Tahun 2018, bertempat di Halaman Kantor Denkesyah 01.04.02 Kota Sibolga, Makodim 0211/TT, Kamis (15/3/2018).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sibolga dr. Hotma Nauli Hutagalung, M.Kes, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Nuraisyah, perwakilan Forkopimda Kota Sibolga, serta para masyarakat.

Selain itu, pada hari ini juga dilakukan safari KB Implant. Program safari KB Implant ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan KB dengan mudah dan tepat guna, sehingga masyarakat dapat melakukan perencanaan kehamilan. Hal tersebut sejalan dengan Misi kedua sebagaimana yang tertuang didalam Visi dan Misi Wali Kota Sibolga yaitu, “Meningkatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif, merata, berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang lingkungan sehat dan berperilaku sehat”.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, mengungkapkan bahwa, kependudukan memiliki implikasi yang sangat luas terhadap sektor pembangunan, terutama yang berkaitan dengan penyediaan fasilitas pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, lingkungan hidup, perumahan dan sebagainya. Dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah banyak, sementara keberadaan lahan untuk pemukiman semakin terbatas, maka akan berakibat munculnya pemukiman-pemukiman liar dengan kondisi lingkungan yang kumuh dan nilai-nilai kesehatan yang rendah.

“Kondisi yang demikian sangat rentan terhadap penyebaran penyakit menular, gejala gizi buruk, serta penurunan tingkat intelegensia (kecerdasan) dalam beradaptasi, mengklarifikasi pola-pola objek, kemampuan dalam menalar dan memahami pada anak-anak terutama yang berada dalam masa pertumbuhan. Untuk itu, saya menegaskan, perlu kiranya kita menggiatkan kembali program KB terutama dalam menekan angka pertumbuhan penduduk sehingga tidak terjadi ledakan populasi penduduk yang akan memberikan dampak negatif kepada seluruh elemen kehidupan bangsa dan negara Indonesia tercinta,” jelas Wali Kota Sibolga.

Beliau juga menjelaskan bahwa, salah satu kegiatan yang dilaksanakan di Kota Sibolga setiap tahunnya dalam mendukung program KB, diantaranya melalui pelaksanaan kegiatan bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan, yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Januari s/d 31 Maret 2018. Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyuluhan dan pelayanan tentang program KB, serta peningkatan kesehatan masyarakat terutama pada keluarga prasejahtera dan sejahtera satu, yang termasuk dalam keluarga kategori miskin.

Untuk jadwal pelayanan KB pada kegiatan bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan Kota Sibolga tahun ini dilaksanakan setiap hari di seluruh Puskesmas, Pustu dan KKB swasta yang ada di Kota Sibolga. “Untuk tahun 2018 ini, banyak hal yang telah dicapai, salah satunya pencapaian akseptor baru, yang sampai bulan Februari 2018 sebanyak 254 akseptor atau sebesar 36,91 persen dari PPM (target),” imbuhnya.

Dikesempatan itu, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, mewakili Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga mengucapkan, terima kasih kepada pengurus dan anggota Ikatan Bidan Indonesia Kota Sibolga, para kader serta instansi dan organisasi terkait yang telah berperan aktif serta bekerja dalam mendukung program KB di Kota Sibolga.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sibolga dr. Hotma Nauli Hutagalung, M.Kes, menyampaikan bahwa, kegiatan bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan maupun kualitas pelayanan KB dan kesehatan melalui bakti sosial IBI-KB-Kesehatan Kota Sibolga, juga meningkatkan cakupan peserta KB baru, pembinaan peserta KB aktif dalam pelayanan KB, serta meningkatkan partisipasi organisasi profesi IBI dalam pengelolaan pelayanan KB dan Kesehatan di Kota Sibolga.

“Adapun sasaran pelaksanaan kegiatan bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan ini yakni seluruh wilayah di Kota Sibolga meliputi, pasangan usia subur unmed need (kebutuhan yang belum terpenuhi), pus muda paritas rendah, ibu hamil, ibu menyusui, pengurus pimpinan cabang IBI Kota Sibolga, tokoh masyarakat, adat, dan agama Kota Sibolga. (amir/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X