Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA BUKA TURNAMEN O2SN DAN SEPAK BOLA ANTAR PELAJAR

SIBOLGA Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga menggelar pertandingan sepak bola dan turnamen Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional  (O2SN) antar pelajar, bertempat di Lapangan Stadion Horas Jalan Diponegoro, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Rabu (4/4/2018) sore.

Acara ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, Sekretaris  Daerah (Sekda) Pemko Sibolga Drs. M.Yusuf Batubara, SKM, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta perwakilan Forkopimda Kota Sibolga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga Drs. Alpian Hutauruk selaku ketua panitia, melaporkan bahwa ada tiga jenis pertandingan yang akan dilaksanakan yakni pertandingan futsal tingkat SD/MI yang terdiri dari 41 tim, tingkat SMP terdiri 14 kesebelasan gala siswa Indonesia sepak bola dan tingkat SMA/SMK/MA terdiri dari 8 tim, serta pertandingan sepak bola antar guru dan pegawai yang terdiri dari 8 tim.

“Ini adalah seleksi antar pelajar tingkat kota yang nantinya akan mewakili Kota Sibolga ke tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu),dan apabila lolos di Sumatera Utara maka lanjut ke tingkat nasional, ini adalah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan PSSI,” ucapnya.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, dalam sambutannya mengatakan bahwa, tujuan digelarnya pertandingan sepak bola ini adalah untuk meningkatkan kecintaan para pelajar terhadap olah raga sepak bola di Kota Sibolga. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini dapat melatih sportivitas dan tanggung jawab para pelajar, meningkatkan kesehatan jasmani, serta menciptakan bibit-bibit unggul atlet di Kota Sibolga yang nantinya akan mewakili Kota Sibolga ke tingkat provinsi. Dan jika lulus tingkat provinsi maka akan lanjut ke tingkat nasional.

Dikesempatan itu, wali kota mengajak semua peserta olimpiade untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momentum yang tepat untuk menunjukan kemampuan, dan sebagai ajang untuk mengembangkan kreatifitas yang ada dalam diri masing-masing peserta untuk dapat diaktulisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan sifat sportifitas bagi setiap peserta, serta meningkatkan citra dan peran generasi muda dalam menumbuhkan kehidupan yang lebih demokratis, sehingga dapat terhindar dari premanisme dan penggunaan obat-obatan terlarang.

“Dalam turnamen Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional  (O2SN) antar pelajar ini, yang dituntut bukanlah kemenangan, tetapi untuk menjadikan generasi muda Kota Sibolga yang sehat jasmani dan rohani, serta untuk menjalin silatuhrahmi yang lebih erat antar sesama peserta,” ucap Wali Kota Sibolga .

Selain pertandingan sepakbola, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan turnamen untuk 5 cabang olah raga lainnya, seperti bulutangkis, atletik, tenis meja, volly, dan catur, yang juga dilaksanakan untuk tingkat SD/MI, dan SMP/MTS yang ada di Kota Sibolga. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 04 april s/d 02 Mei 2018.

Usai memberikan arahannya, Wali Kota didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Kota Sibolga dan forkopimda melakukan tendangan pertama tanda di mulainya pertandingan. (mks/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X