Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SIBOLGA BUKA KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLA ARSIP

SIBOLGAWali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, membuka secara langsung kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Arsip pada Organisasi Perangkat Daerah se-Kota Sibolga Tahun 2018, yang dilaksanakan diGedung Nasional Sibolga, Senin (15/10/2018).

Kegiatan bimbingan teknis yang di gelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga ini dilaksanakan selama 5 hari, mulai hari Senin s/d Jumat, Tanggal 15 s/d 19 Oktober 2018, dengan total 34 jam pelajaran.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Lysnah Siahaan, S.E, dalam laporan menyampaikan, bahwa pada tahun ini, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Perpustakaan Kota Sibolga menyelenggarakan kegiatan bimbingan Teknis Pengelola Arsip pada Organisasi Perangkat Daerah se-Kota Sibolga, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan reliabel di lembaga pencipta arsip, terciptanya tata kelola arsip yang tertib, handal, akuntabel, efektif, dan efisien, di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga.

Selain itu, untuk menjamin keselamatan arsip daerah sebagai bagian dari kesatuan yang tidak terpisahkan dengan arsip nasional, yang mencakup jaminan terhadap perlindungan kepentingan negara, perlindungan terhadap hak keperdataan masyarakat, untuk menjamin keselamatan aset negara, sebagai bukti hukum yang terjamin keabsahannya, serta menggambarkan perjalanan sejarah suatu daerah, bangsa dan negara,serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Lysnah Siahaan mengungkapkan, pada Tahun 2017 yang lalu, Pemerintah Kota Sibolga sudah mempunyai gedung arsip yang dimanfaatkan sebagai prasarana vital dalam program penyelenggaraan kearsipan. Dan mulai Tahun 2017 secara bertahap Dinas Perpustakaan Kota Sibolga telah menjalankan program penyelamatan arsip statis, melalui kegiatan akuisisi arsip. “Sehingga sangat dibutuhkan dukungan konkret dari organisasi perangkat daerah lainnya sebagai lembaga pencipta arsip, demi terciptanya sistem penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu untuk mewujudkan tertib arsip di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Daerah II, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Marjuni Susi. S.Sos, selaku narasumber kegiatan, menjelaskan bahwa arsip memang harus bisa dikelola secara maksimal. Tanpa adanya pengelolaan arsip secara baik dan tertib, tidak mungkin bisa mengingat sesuatu tanpa adanya proses bahkan suatu hasil dalam hal apapun.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, menyampaikan, bahwa pemerintah daerah berkewajiban memberikan penyadaran pada masyarakat, untuk dapat berpartisipasi dalam upaya penyelamatan dan pelestarian arsip. Dan di sisi lain, pemerintah dituntut untuk bisa memberikan pelayanan publik yang prima, dalam pemanfaatan arsip untuk kepentingan masyarakat luas, lebih lagi bila dimaksudkan sebagai upaya memperkukuh integritas nasional dan memperkuat jalinan solidaritas kebangsaan. Arsip merupakan suatu sumber kekayaan yang sangat berharga dalam komunikasi masyarakat modern yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Arsip tidak lagi bisa dipandang sebagai benda mati yang tertimbun dengan nilai yang tidak jelas, melainkan sebagai warisan masa lalu yang layak dan wajib dilestarikan. Pemerintah daerah bertindak selaku agen yang mempelopori, mendorong dan menfasilitasi upaya-upaya yang sinergis untuk penyelamatan dan pemanfaatan arsip untuk semakin terciptanya kelancaran pelayanan data di Kota Sibolga yang kita cintai ini,” pungkas Wali Kota.

Wali Kota Sibolga turut menekankan kepada peserta bimtek pengelola arsip ini, agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Seraya berharap kepada para narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) agar dapat memberikan pengajaran dan pelatihan yang maksimal kepada para peserta. Sehingga kedepannya, terwujud kearsipan yang baik di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga.

Diakhir acara pembukaan, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, M.M, di dampingi Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, menyerahkan secara simbolis himpunan pidato Wali Kota Sibolga kepada Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Lysnah Siahaan, S.E, yang disaksikan oleh Ibu Majusi Susi, S.Sos (Kepala Sub Direktorat Daerah II A ANRI) dan Ibu Sutiasni, S.Ap, M.Hum (Arsiparis Madya ANRI), dan seluruh audiens dan undangan yang berhadir.(mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X