Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA BUKA RAMADHAN FAIR KOTA SIBOLGA 1439 H

SIBOLGAWali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, MM, resmi membuka pelaksanaan Festival Ramadhan Fair Kota Sibolga Tahun 2018, bertempat di area pelataran Masjid Agung Kota Sibolga, Sabtu (19/05/2018) sore.

Kegiatan ramadhan fair ini memperlombakan berbagai jenis lomba budaya Islami, mulai dari tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, putra dan putri, sekaligus membuka pusat jajanan berbuka puasa dengan aneka jenis juada (makanan jajanan) khas Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, MM, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan festival Ramadhan Fair tahun ini, sebab kegiatan ini selain menjalin hubungan silaturahmi juga salah satu upaya melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang ada, khususnya yang bernuansa islami.

“Melalui Festival Ramadhan Fair ini, mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan membudayakan nilai-nilai islami. Memperbanyak ibadah di bulan suci ini agar keberkahan Ramadhan dapat kita peroleh,” ucap Syarfi.

Beliau berharap, selain bertujuan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1439 H, kegiatan juga dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi Kota Sibolga yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan gerakan ekonomi kerakyatan melalui kreativitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi yang kreatif.

Ketua Panita Hendra Darmalius, A.Pi  yang sekaligus menjabat sebagai Asisten II Pemko Sibolga, dalam laporannya menyampaikan, bahwa ramadhan fair tahun ini dimotori oleh beberapa dinas, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan Bagian Kesra Setda Kota Sibolga.

Dirinya menjelaskan bahwa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga mensponsori 11 cabang lomba, yaitu kategori anak-anak lomba Pildacil (pidato cilik), adzan, lomba menghafal ayat-ayat pendek, lomba sholat jenazah, bercerita islami, lomba nasyid dan lomba pidato. Sedangkan  untuk tingkat dewasa yakni, lomba musik sahur, lomba takbir dan lomba festival band religi, serta lomba vocal solo.

Sedangkan Dinas Kesehatan Kota Sibolga membuka stand pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, dan sebanyak 100 stand kuliner  yang menjual beragam jenis makanan buka puasa dikelola oleh Dinas Perindag Kota Sibolga, kemudian Bagian Kesra mensponsori kegiatan Tilawah Al-Qur’an dan Hifzil Qur’an.

Diakhir acara, Wali Kota  Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, MM, didampingi Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi,  Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara SKM, Forkopimda Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta Camat dan Lurah se-Kota Sibolga  menyempatkan diri untuk mengunjungi dan berbelanja di beberapa stand yang ada di lokasi Ramadhan Fair tersebut.(amir/mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X