Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WAKIL WALI KOTA SIBOLGA BUKA PELATIHAN PARTISIPATIF PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN (PM3K)

SIBOLGA-Salah satu upaya pemerintah untuk membangun dan memberdayakan masyarakat agar dapat hidup lebih layak dan sejahtera,  untuk menggali potensi riil masyarakat, sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 19  Tahun 2007, pemerintah diwajibkan memberikan pelatihan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas PMK,  PP dan PA menyelenggarakan pelatihan partisipatif pemberdayaan masyarakat kelurahan (P3MK), yang dilaksanakan di aula gedung Balas Kota Sibolga, Senin 12 Nopember 2018.

Untuk itu seluruh elemen kelurahan dan masyarakat harus mampu menyesuaikan pola pikir sesuai tuntutan masyarakat dan paradigma yang berkembang  dan mensinergikan seluruh perencanaan pembangunan yang partisipatif bagi masyarakat kelurahan sesuai dengan prinsip prinsip  good government (pemerintahan yang baik).

Kegiatan dilaksanakan ini juga bertujuan meningkatkan wawasan, kemampuan dan pola pikir aparatur dan pengurus kelembagaan masyarakat untuk dapat berperan sebagai Fasilitator dan Inisiator dalam pembangunan masyarakat sesuai dengan kebijakan, konsep/ metode dan prinsip-prinsip perencanaan pembangunan partisipatif.

Peserta pelatihan/pembekalan terdiri dari  aparat kelurahan sebanyak 17 orang, anggota PKK Kelurahan 17 orang, anggota LPM Kelurahan 34 orang, anggota Karang Taruna 17 orang.

Dalam sambutan Wali Kota Sibolga Drs. H. M Syarfi Hutauruk, yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S. Pi, mengatakan, visi pemberdayaan masyarakat adalah adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, yang memiliki kapasitas untuk melakukan perbaikan terhadap kondisi sosial ekonomi dan budaya secara berkelanjutan dengan strategi memberdayakan masyarakat, mendorong masyarakat dan mengembangkan kapasitas masyarakat melalui pengembangan serta pemantapan kondisi sosial ekonomi. oleh karena itu, keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan terdepan dan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, akan secara langsung pula mendukung upaya pemberdayaan masyarakat.(fj/amir/mukhlis)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X