Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Ujung Jalan Sibolga Baru Rencananya Akan Dijadikan tempat Wisata

SIBOLGA – Sebagai sebuah kota, Sibolga diakui selama ini kurang sekali memiliki tempat-tempat wisata yang memadai. Untuk itulah Pemerintah Kota Sibolga berencana untuk membangun beberapa tempat wisata pada tahun depan, serta memperbaiki yang telah ada. Salah satu tempat wisata baru yang akan dibangun itu bertempat di ujung jalan Sibolga Baru, sedangkan yang akan direkonstruksi bertempat di wilayah Pantai Ujung Sibolga.

 

Sesuai perencanaan, lokasi ujung jalan Sibolga Baru tersebut akan dimodifikasi dan dijadikan sebagai tempat wisata ‘open beach atau ‘open view’, yang memiliki panjang sekitar 300 meter dan dilengkapi dengan resto. Demikian juga dengan fasilitas wisata Pantai Ujung yang sudah ada tapi tengah mengalami kerusakan di beberapa titik diakibatkan hantaman gelombang laut, akan diperbaiki.

 

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Adiram Oppusunggu, bangunan open beach dan view ujung Sibolga Baru tersebut diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp. 5,5 Miliar.

 

“Kita dari PU Sibolga saat ini tengah merancang dan mengkonstruksi bentuk bangunan open beach dan view tersebut. Cuma saja kita (PUred.) disini hanya sebatas men-design atau membuat konstruksi, karena realisasi dari anggaran program ini termasuk pemanfaatan dari fungsi bangunannya kedepan adalah Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Perindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) kota Sibolga,” kata Adiram menjawab awak media, Selasa (29/10) di selasela peninjauan bersama Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, Kapolres AKBP Guntur AS, Kadis Perindagkop dan UKM Ichwan Simatupang, Kadis PU Thmarin Hutagalung serta Satuan Kerja Perangkat Daerah kota Sibolga lainnya.

 

Adiram mengungkapkan, sesuai design,  bangunan open beach dan view ujung Sibolga Baruadalah terbuka yang dilengkapi dengan pelataran yang panjang dan tempat memandang ke arah laut.

 

“Inilah perencanaan dan rancangan bangunan itu dan mudahmudahan Pemerintah Provinsi (Sumut –red.) dapat merealisasikan anggaran pembangunannya karena tujuannya salah satu adalah untuk menambah taraf ekonomi masyarakat daerah,” ungkapnya.

 

Kadis Perindagkop dan UKM Kota Sibolga Icwan Simatupang membenarkan rencana pembangunanopen beach dan view tersebut. Dia mengatakan, dasar pemikiran pembangunan itu adalah, selain untuk menghilangkan kesan kumuh wilayah itu, juga untuk pengembangan wilayah tersebut biar tampak hidup dari sebelumnya.

 

“Namun merealisasikan rencana itu, saat ini kita tengah berjuang mengupayakan realisasi anggaran dari Pemerintah Provinsi dan Pusat. Kita berharap upaya ini berhasil, sehingga pelaksanaan pembangunan open beach dan view tersebut dapat terealisasi pada tahun 2014 mendatang,” harap Ichwan.  

 

Sementara itu, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk menambahkan, selain perencanaan pembangunan tempat wisata baru berupa open beach dan view di jalan Sibolga Baru ujung tersebut, pada tahun 2014 itu juga, Pemko Sibolga berencana untuk membangun kembali tempat wisata Pantai Ujung Sibolga.

 

“Saat ini kita tengah menyusun rancangan untuk pembangunan kembali (rekonstruksi) lokasi wisata Pantai Ujungyang hancur tersebut, sehingga kita belum bisa mengetahui anggarannya. Tapi nanti setelah rancangan ini selesai kita susun, baru disitu diketahui dan selanjutnya akan kita usulkan permohonan bantuan anggaran ke Pemerintah Pusat dan Provinsi. Mudahmudahan, kedua pemerintah tingkat atas tersebut bersedia merealisasikannya di tahun 2014 ini,” tutur Syarfi. (Alex Hutauruk)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X