Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

LOMBA TULIS KARYA ILMIAH ANTAR KARANG TARUNA SE-KOTA SIBOLGA

SIBOLGA Wali Kota Sibolga yang diwakili Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Sibolga Drs. Yasman membuka  lomba tulis karya ilmiah antar karang taruna kelurahan se-Kota Sibolga. Lomba tulis ilmiah ini mengambil tema tentang sejarah tokoh pejuang Kota Sibolga, bertempat di aula Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Sibolga, Rabu(29/06).

Acara ini dilatarbelakangi  oleh bergesernya nilai-nilai karakter generasi muda yang tidak lagi mencerminkan cita-cita pejuang dan untuk membangkitkan jiwa generasi muda dalam pelestarian nilai-nilai kepahlawanan keperintisan dan kejuangan di Kota Sibolga mengingat Kota Sibolga yang memiliki catatan sejarah dalam bingkai NKRI yang memiliki banyak tokoh nasional namun keberadaannya hanya tinggal dalam catatan sejarah.

Wali Kota Sibolga dalam sambutannya yang dibacakan Drs. Yasman mengatakan, bahwa kegiatan lomba tulis karya ilmiah ini merupakan salah satu langkah pertama dalam aplikasi gerakan kejuangan di Kota Sibolga.

Dengan kemajuan globalilasi informasi,  terjadi pergeseran nilai-nilai karakter generasi muda, dimana watak dan karakternya tidak mencerminkan cita-cita para pejuang kita. Salah satu upaya peningkatan dan pelestarian nilai-nilai yang dimaksud salah satunya dengan melaksanakan kegiatan lomba tulis karya ilmiah yang ditujukan kepada karang taruna yang merupakan salah satu langkah pertama dalam aplikasi gerakan kejuangan di Kota Sibolga. Gerakan kejuangan ini nantinya mempunyai program dan kegiatan yang harus dikembangkan ke depannya. Karang taruna sebagai agen perubahan harus diperdayakan dalam prinsip-prinsip pembangunan sehingga tujuan dan cita-cita pejuang dapat tercapai,” ucap Yasman.

Yasman juga berharap dengan adanya lomba karya ilmiah ini, para peserta bisa menggali ulang dan lebih mengenal para pahlawan ataupun tokoh pejuang Kota Sibolga, yang nantinya hasil karya ilmiah ini dapat dibaca oleh generasi-generasi muda, adik-adik kita, sehingga mereka lebih mengenal sejarah dari para tokoh pejuang Kota Sibolga, pungkas Yasman.

Para pemenang karya ilmiah tersebut akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan. Juara I akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000, juara II Rp. 1.500.000 dan juara III sebesar Rp. 750.000,-.

Pemenang tulis karya ilmiah ini diraih Sari Dewi Tanjung dari karang taruna Kelurahan Pancuran Kerambil sebagai juara I, Risky Handayani sebagai juara II dari Kelurahan Pancuran Bambu, dan juara III Nur’azani dari karang taruna Kelurahan Aek Habil.

Penyerahan hadiah dilakukan oleh anggota DPRD Komisi III Kota Sibolga sekaligus Ketua Forum Karang Taruna Kota Sibolga Hendra Sahputra, SE didampingi Kadis Sosial. Turut hadir  tokoh budaya Kota Sibolga Safriwal Marbun dan pengurus karang taruna se-Kota Sibolga.               (hendri/amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X