Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Tim PKK Provsu Lakukan Monitoring Kelurahan Percontohan di Kota Sibolga

Dinas Kominfo Sibolga | SIBOLGA – Untuk mengetahui dan menilai kinerja sejauh mana pencapaian atas pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kader-kader Tim Penggerak PKK di Kota Sibolga, Tim PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara turun ke Kota Sibolga untuk melakukan monitoring kelurahan percontohan di Kota Sibolga, Kamis (11/07/2019).

Tim PKK Provinsi melakukan monitoring dan evaluasi  melalui ekspos (pemaparan) langsung oleh lima kelurahan percontohan yang ada di Kota Sibolga yang kegiatannya dipusatkan di Kelurahan Masing-masing. Kelima Kelurahan percontohan tersebut yakni Kelurahan Aek Parombunan, Kelurahan Aek Habil, Kelurahan Simare-mare, Kelurahan Pasar Belakang, dan Kelurahan Pancuran Dewa.

Mewakili Tim PKK Provinsi Sumatera Utara, Ny. Sutias menyebutkan bahwa monitoring dan evaluasi ini sangat perlu dilakukan karena dapat melihat langsung kerja dilapangan serta mengevaluasi sejauh-mana sudah dikerjakan dan sejauh-mana tingkat keberhasilannya didaerah. Bilamana suatu program kerja yang besar namun kemudian tidak dimonitoring dan dilakukan evaluasi, maka berpotensi tidak berhasil dan jauh dari yang diharapkan.

Ketua panitia pelaksana kegiatan yang juga Kepala Dinas PMK, PP, dan PA Kota Sibolga Hj. Nuraisyah, SKM, M.M Kes, dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi para pengurus dan kader PKK Kota Sibolga dalam berbagai program kerja dan aktifitas yang memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan keluarga di Kota Sibolga. Selain itu juga untuk mengetahui dan menilai sejauhmana kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK maupun kader PKK baik di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan, sehingga dapat menjadi tolak ukur untuk proses kegiatan, selanjutnya demi kesempurnaan program-program PKK di tahun yang akan datang.

Nuraisyah juga mengutarakan, PKK mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam pemberdayaan keluarga, terutama perempuan sebagai motor penggerak melalui tiga pilar yang digerakkan, yaitu pendidikan, kesehatan dan perekonomian. Untuk Kota Sibolga, berdasarkan telegram Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara Nomor : 102/SKR/PKK PROV/VIII/2019 tanggal 24 Juni 2019, perihal monitoring desa/kelurahan percontohan tertib administrasi, PAAR cinta Kasih, UP2KPKK, hatinya PKK, Iva Test, Kesrag KKBPK, PHBS,LBS dan Posyandu tahun 2019.

Dalam sambutan Wali Kota Sibolga yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemko Sibolga Drs.Charli Sinambela menyampaikan, bahwa saat ini pemerintah dalam upaya menyelenggarakan program pembangunan  khususnya dalam pembangunan masyarakat, tetap bersinergi dengan TP.PKK, melalui program sektoral dan bekerjasama dengan dinas/badan dan lembaga non pemerintah yang ada. Pemerintah Kota Sibolga melalui Tim Penggerak PKK akan terus mendukung, baik moril maupun materil dan berbagai program yang digerakkan melalui kemampuan anggaran, sehingga PKK harus lebih baik kedepannya.

“Di zaman saat ini, mengharuskan Tim Penggerak PKK harus senantiasa meningkatkan mutu kinerja dan profesionalisme, sehingga gerakan PKK secara nyata berhasil mengembangkan kemampuan dan kepribadian kaum perempuan. Sedangkan monitoring merupakan tindak lanjut dari supervisi yang dilakukan sebelumnya, sehingga monitoring menjadi bahan penyempurnaan dari program-program PKK yang telah dikerjakan bahkan program yang akan datang. Monitoring ini tidak kalah penting dari kegiatan lainnya, dikarenakan kegiatan ini sekaligus untuk dapat mengetahui seberapa besar manfaat yang dirasakan oleh  masyarakat serta kemajuan kelurahan yang dibina PKK, baik dalam hal administrasi maupun pelaksanaan pelayanan yang telah dilaksanakan bagi masyarakat,” jelas Charli.

Charli juga menghimbau kepada Tim Penggerak PKK Kota Sibolga agar segala sesuatu yang disampaikan tim monitoring nantinya, haruslah dicermati dengan sungguh-sungguh, diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan monitoring ini dapat terwujud sesuai dengan hasil rakernas PKK.

“Kita berharap kiranya empat kelurahan percontohan PKK Kota Sibolga yang dimonitoring hari ini, nantinya akan masuk nominasi sebagai kelurahan percontohan PKK di tingkat Provinsi Sumatera Utara, sehingga menambah deretan prestasi yang telah diraih oleh Kota Sibolga”, ucap Staf Ahli.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X