Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Syarfi Hutauruk Berangkatkan 36 Jemaah Calon Haji Sibolga

Sibolga – Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk secara resmi memberangkatkan sebanyak 36 orang rombongan jemaah calon haji asal Kota Sibolga menuju asrama haji Medan, Senin (14/8) pagi, berlangsung di depan Mesjid Agung Kota Sibolga, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota.

Dalam proses pemberangkatan yang dilakukan dari depan Mesjid Agung Kota Sibolga itu, turut hadir Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang, Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, anggota DPRD Sibolga Hendra Syahputra dan sejumlah pejabat Pemko Sibolga lainnya, serta para kerabat dan keluarga calon jemaah haji.

“Calon haji reguler yang diberangkatkan tersebut berjumlah 36 orang, terdiri dari laki-laki 9 orang dan perempuan 27 orang,” sebut Kakan Kemenag Kota Sibolga Drs. Mardinal Tarigan yang sekaligus kepala staf urusan haji Sibolga dalam sambutannya.

Mardinal mengatakan, jemaah tertua bernama Ramlah Hutagalung dengan usia 74 tahun. Sementara yang termuda yakni Ardayani Ritonga usia 39 tahun.

Lanjutnya, para calon jemaah haji telah melakukan manasik haji sebanyak 10 kali, dan juga yang telah diberikan suntikan vaksin kesehatan akan  tergabung dalam kloter 18 dan bergabung dengan jemaah calon haji asal Kota Medan dan Kota Sidempuan. Kloter ini akan berangkat 16 Agustus lusa pukul 15.35 WIB dan tiba di Jeddah pada hari yang sama sekitar 19.30 waktu Arab Saudi, beber Mardinal.

Sementara itu, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengungkapkan, karena faktor cuaca yang tak menentu, 36 jemaah calon haji Kota Sibolga diberangkatkan menuju asrama haji Medan lebih awal. Pemberangkatan dilakukan dengan pesawat udara dari Bandara FL. Tobing Pinangsori.

Ia mengakui, para jemaah calon haji tersebut setibanya di Medan tidak akan langsung masuk ke dalam asrama haji. Para jemaah akan di inapkan satu malam di Mes Kota Sibolga menunggu jadwal yang sudah di tetapkan oleh embarkasi Medan.

“Semua akan dapat tempat, tidak tambah bayaran, makanan di kasih, tidak di pungut biaya apapun, semua akan ditanggung Pemko Sibolga termasuk ongkos pesawat dari Sibolga ke Medan dan sebaliknya,” pungkas,  Syarfi.

Selain itu, mengakhiri sambutannya, Syarfi Hutauruk turut berpesan agar para jemaah calon  haji senantiasa menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah, mengingat suhu ekstrim di tanah suci yang sedang berlangsung. Yakni di kisaran suhu udara 39 sampai 41 derajat. Tapi beliau meyakinkan para jemaah “agar jangan takut, dengan niat dengan dzikir semua dapat di lewati. Perbanyak  minum air putih, banyak makan jeruk, dan selalu jaga kesehatan,” pesan beliau. (amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X