Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Pencanangan Sunat Massal Gratis

SIBOLGAPemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Kesehatan Kota Sibolga melaksanakan pencanangan sunat massal gratis dalam rangka BBGRM, HKG-PKK dan menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M, di Gedung Nasional Kota Sibolga, Kamis (24/5).

Kegiatan pencanangan tersebut dibuka oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Dra. Hj. Delmeria Sikumbang, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Doharta Ida Hutabarat dan para pimpinan SKPD. 

Dalam sambutannya Wali Kota Sibolga menyampaikan, bahwa pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Di Kota Sibolga, berbagai langkah dan upaya pembangunan kesehatan telah dilaksanakan.Program pembangunan bidang kesehatan yang dilaksanakan di Kota Sibolga bertujuan untuk tercapainya derajat kesehatan masyarakat secara optimal sehingga masyarakat dapat hidup sehat, sejahtera, dan produktif dalam lingkungan yang sehat baik fisik, biologi maupun sosial ekonomi serta budaya.

Namun dengan terbatasnya kemampuan daerah dan khususnya dalam hal peningkatan jumlah dan kualitas sarana dan prasarana yang memadai, serta partisipasi masyarakat dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menjadi kendala yang cukup serius dalam melaksanakan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat.

“Berkaitan dengan hal tersebut, maka orientasi pembangunan kesehatan harus lebih membuka diri dan memberi peran yang lebih besar kepada masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dengan menunjang tinggi nilai pro rakyat inklusif, responsif dan efektif, imbuhnya.

Masih dikatakan Syarfi,kesehatan adalah hak azasi manusia dan merupakan investasi terpenting dalam upaya mewujudkan kesejahteraan penduduk sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Oleh karena itu tanggung jawab pembangunan kesehatan adalah merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakatnya.

Partisipasi aktif dari masyarakat dalam melaksanakan program kesehatan akan menentukan keberhasilan dari pembangunan kesehatan sendiri, karena masyarakat sebagai subjek dan objek dari program tersebut yang secara langsung akan menikmati hasilnya,” ucap beliau.

Dan salahsatu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Sibolga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat adalah dengan melakukan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan melalui sunatan atau khitanan massal kepada anak usia sekolah se-Kota Sibolga.

“Bila ditinjau dari medis, manfaat sunat adalah dapat mengurangi resiko kanker leher rahim dan kanker penis. Kedua, mudah untuk menjaga kebersihan. Ketiga adalah dapat mencegah peradangan/pembengkakan dan mengurangi resiko HIV. Dan keempat, dapat mengurangi resiko infeksi saluran kemih,” ungkap Syarfi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berkaitan dalam rangka peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-IV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Kota Sibolga Tahun 2017 ini. Kegiatan BBGRM dan HKG-PKK merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dari tingkat kelurahan sampai tingkat nasional, dengan tujuan menanamkan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya kebersamaan serta peduli terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat.

Wali Kota Syarfi Hutauruk mengatakan,bulan bakti gotong royong merupakan momentum untuk mengingatkan kita bersama tentang arti penting gotong royong kepada anak-anak kita, sebab merekalah pemuda masa depan bangsa ini. Semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita, generasi muda senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja. Itulah sebabnya gotong royong harusnya diajarkan melalui kegiatan praktek yang nyata dan bukan sekedar wacana.

Sedangkan peringatan hari kesatuan gerak PKK, Wali Kota menyampaikan, mengingatkan kita semua tentang peran keluarga lebih khusus peran ibu, peran perempuan dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera. Keluarga yang kuat membuat kita bisa membangun masyarakat membangun bangsa untuk maju dan sejahtera.

Di kesempatan tersebut, Wali Kota turut menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para ibu dan kaum perempuan para penggiat PKK yang tanpa lelah dan dengan penuh semangat telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat khususnya di Kota Sibolga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Dra Hj Delmeria Sikumbang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sunat massal gratis ini merupakan kegiatan TP PKK Kota Sibolga dalam rangka BBGRM dan HKG PKK dan menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M.

Dan berharap kepada masyarakat Sibolga, harus peduli dengan kegiatan-kegiatan PKK Pemerintah Kota Sibolga. Marilah kita ciptakan peduli kebersihan agar kota kita ini bersih, rapi aman, nyaman dan sejahtera,” ucap Delmeria.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga M Yusuf Batubara, dalam laporannya menyampaikan, bahwa  tujuan pelaksanaan kegiatan sunat massal gratis ini adalah terselenggaranya pelayanan kesehatan khususnya sunatan atau khitanan kepada masyarakat Kota Sibolga, serta meningkatnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Peserta sunat massal ini berjumlah 500 anak usia sekolah, yang berasal dari Kecamatan Sibolga Utara sebanyak 43 orang, Kecamatan Sibolga Kota sebanyak 113 orang, Kecamatan Sibolga Sambas sebanyak 120 orang dan Kecamatan Sibolga Selatan sebanyak 127 orang, ucap Yusuf. (amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X