Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86

SIBOLGAHujan yang turun mulai pagi tidak mengendurkan semangat para pemuda untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, terlihat dilapangan simaremare banyaknya peserta yang terdiri dari PNS, TNI-POLRI, Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan Kota Sibolga. Kapolres Kota Sibolga AKBP Guntur Agung Supono bertindak menjadi Inspektur upacara apel peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86, Selasa (28/10/2014) pagi. Beliau mengungkapkan soal revolusi mental dari Presiden Joko Widodo. “Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju dan bersatu, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara berkelanjutan”, saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga H. Imam Nachrawi, dalam upacara yang berlangsung di lapangan Simaremare Kota Sibolga tersebut.

Setiap kali kita memperingati Hari Sumpah Pemuda, maka yang terbayangkan adalah heroisme tanpa kenal lelah dari para pemuda kita untuk mendeklarasikan gagasan perjuangan dan mewujudkan ide cemerlangnya tentang Negara Indonesia, tentang tekad bulatnya untuk mewujudkan satu bangsa, satu tanah air dan menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia. Peringatan Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”. Makna tema itu mengandung pesan bahwa pemerintah melakukan upaya agar pemuda dapat memainkan peran secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa. Terlebih lagi, Indonesia akan memasuki era Komunitas ASEAN pada 2015. Karena itu para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Menurut beliau, mentalitas para pemuda Indonesia harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkompeten, dan berdaya saing, untuk dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin kompetitif. “Revolusi mental yang dicanangkan oleh Pak Presiden Joko Widodo sangat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Jadi, revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat”

Semangat para pemuda 86 tahun lalu harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemudaIndonesia untuk bangsa dan tanah air tercinta. Keberhasilan generasi terdahulu menyatukan hati dan pikiranbangsa Indonesia harus diteruskan oleh para pemuda dengan meyakinkan harapan akan masa depanbangsa yang cemerlang.Saya yakin, para pemuda Indonesia akan terus memegang teguh komitmennya untuk selalu menjagakeutuhan bangsa dan negara, yang di dalam dirinya selalu terpatri jiwa dan semangat nilai-nilai Pancasila.Pemuda yang akan selalu mempertahankan tanah air, bangsa dan negara dan selalu menjunjung tinggibahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.Akhirnya, saya ucapkan SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-86, Ungkap Kapolresta Sibolga mengakhiri sambutan. (alexhutauruk)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X