Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA LAKSANAKAN SOSIALISASI BAGI PENCARI KERJA DI KOTA SIBOLGA

Sibolga – Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Ketenagakerjaan  melaksanakan sosialisasi bagi pencari kerja di Kota Sibolga. Sosialisasi berbagai peraturan pelaksanaan tentang ketenagakerjaan, yang dilaksanakan di Aula Hotel Wisata Indah Kota Sibolga, Selasa (11/7) pagi ini menghadirkan penceramah dari Dinas Tenaga Kerja  Provinsi Sumatera Utara Bapak Robinson, dan Rizal Saragih, S.Sos dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia  (BP3TKI).

Ketua Panitia Sosialisasi Drs. Junifati Ziliwu, Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Ketenagakerjaan menyampaikan dalam laporannya, bahwa kegiatan dilaksanakan berdasarkan   Keputusan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Ketenagakerjaan Nomor : 518/08/KOPUKMNAKER tanggal 05 Juli 2017 tentang pembentukan panitia pelaksana kegiatan sosialisasi bagi pencari kerja. Dan peserta sosialisasi bagi pencari kerja berjumlah 60 orang, berasal dari 17 Kelurahan se-Kota Sibolga yang berusia 18 s/d 25 tahun yang belum kerja.

Mengawali sambutan Wali Kota Sibolga yang di sampaikan Drs. Yasman, Staf Ahli Pemko Sibolga, mengatakan, dalam perencanaan pembangunan nasional, tenga kerja mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting sebagai pelaku dan tujuan pembangunan. Sesuai dengan peran dan kedudukan tenagakerja, diperlukan pembangunan ketenagakerjaan untuk peningkatan kualitas tenagakerja dan peran sertanya dalam pembangunan dan peningkatan perlindungan keluarganya sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan. Oleh karena itu hak atas pekerjaan merupakan hak asasi yang melekat pada diri sesorang yang wajib di junjung tinggi dan di hormati.

Yasman juga menyampaikan, makna dan arti pentingnya pekerjaan dari setiap orang tercermin dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 27 ayat 2, yang menyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang bagi kemanusiaan.

Dibeberkannya, permasalahan yang terjadi saat ini akibat keterbatasan akan lowongan kerja di dalam negeri menyebabkan banyak warga negara Indonesia mencari pekerjaan ke luar negeri semakin banyak. Besarnya animo tenagakerja yang akan bekerja dan besarnya jumlah TKI yang sedang bekerja di luar negeri di satu segi mempunyai satu sisi positif, yaitu mengatasi masalah pengangguran di dalam negeri dan pemasukan devisa bagi negara, ungkap Yasman.

Oleh karena itu, Yasman berpesan, agar peserta sosialisasi ini benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai seoptimal mungkin. Dan harapannya angka pengangguran di Kota Sibolga semakin berkurang, dan tidak ada lagi TKI ilegal yang berangkat ke luar negeri, pungkas Yasman mengakhiri sambutan Wali Kota Sibolga.  (ms/amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X