Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Walikota Sibolga Kukuhkan 140 Siswa/I Unggulan Baru SMP/SMA se-Kota Sibolga

SIBOLGA – Walikota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, melantik dan mengukuhkan sebanyak 140 siswa/i unggulan baru kelas 1 SMP dan 1 SMA se- Kota Sibolga. Kamis (17/7) bertempat di halaman SMA Negeri I Sibolga. Para siswa merupakan hasil seleksi tes akademik, psikotes tertulis, tes wawancara bahasa inggris dan Kesemaptaan.

Dalam sambutannya Walikota Sibolga H M Syarfi mengatakan, pembukaan kelas unggulan SMP dan SMA di Kota Sibolga adalah sebuah upaya sadar untuk memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas bagi siswa-siswi yang mempunyai keunggulan dibidang akademik, agar mereka kelak dapat menjadi generasi muda yang mempunyai kompetensi yang mumpuni, bersaing memasuki universitas – universitas favorit di seluruh Indonesia dan kelak menjadi pioner – pioner pembangunan bangsa dan Negara khususnya Kota Sibolga.

“Dengan adanya kelas unggulan ini, kita berharap bahwa potensi – potensi yang ada pada para siswa akan dapat dimunculkan dan dikembangkan, sehingga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia bisa setara dengan negara – negara di ASEAN dan kalau bisa melewatinya,” kata Walikota.

Menurut Walikota, permasalahan yang membuat SDM Indonesia berada pada level yang sangat rendah adalah kemiskinan dan kebodohan. Jika mempunyai SDM yang dapat bersaing secara global, maka tidak ada cara lain kecuali memerangi kemiskinan dan kebodohan. Kedua – duanya harus diperangi sekaligus dengan terprogram secara baik dan langsung ke akar permasalahannya. Karena jika tidak, mimpi akan peningkatan SDM yang baik hanyalah omong kosong belaka.

“Orang miskin mempunyai permasalahan yang rumit yaitu tidak mempunyai biaya untuk mendapat pendidikan yang tinggi dan baik. Orang miskin cenderung akan tetap bodoh, sebaliknya orang bodoh sudah dapat dipastikan akan tetap dalam putaran kemiskinan. Oleh karena itu penting untuk kita bulatkan tekad, bahwa kemiskinan dan kebodohan adalah musuh yang harus kita hancurkan ”jelas Walikota.

Maka Walikota pun berharap kepada para siswa/i unggulan supaya menjadi anak bangsa yang cerdas, terampil dan berbudi pekerti luhur untuk dapat membangun diri pribadi masing – masing dan secara bersama membangun bangsa dan negara. Yang utama sebut Walikota adalah kejayaan bangsa dan Negara, sehingga kelak Indonesia menjadi bangsa yang disegani di dalam percaturan dunia internasional.

“Dengan fasilitas yang diberikan Pemerintah Kota Sibolga ini, tugas kalian adalah belajar dengan sungguh – sungguh, berprestasi, baik tingkat nasional bahkan internasional. Dengan tersebarnya kelas unggulan di 6 (enam) sekolah, ini juga diharapkan akan terjadi kompetisi yang sehat untuk menjadi yang terbaik dan disetiap akhir tahun akan dievaluasi keberadaan kelas unggulan disetiap sekolah,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Alfian Hutauruk dalam laporannya menyebutkan, bahwa penerimaan peserta didik baru (PPDB) kelas unggulan tingkat SMP Negeri dan SMA Negeri Kota Sibolga berdasarkan hasil seleksi yang berazaskan objektivitas, transparansi, akuntabilitas dan tidak diskriminatif. Rekrutmen calon peserta didik kelas unggulan berasal dari 15% peserta didik berprestasi dari masing – masing SD/MI kelas VI dan SMP/MTs kelas IX dilingkungan Disdik (Dinas Pendidikan) Kota Sibolga dan dari luar kota Sibolga. (ben)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X