Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SIBOLGA PERINGATI HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE-68

 

SIBOLGA – Bertempat di Lapangan Simare-mare, Walikota Syarfi Hutauruk bertindak selaku inspektur upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68 di Sibolga, sementara Lettu A.S. Butarbutar dari Kodim 0211/TT sebagai komandan upacara. Upacara bendera 17 Austus ini diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, PNS, Pramuka, OKP dan siswa dari berbagai sekolah di Sibolga. Turut hadir di tribun kehormatan unsur pimpinan daerah seKota Sibolga. Di sebelah tribun kehormatan, pimpinan SKPD se Kota Sibolga duduk dan mengikuti pelaksanaan upacara dengan tertib.

Kekhikmatan upacara begitu terasa ketika dentingan lonceng gereja bertalu-talu di segenap penjuru kota dipadu dengan bunyi sirene selama lebih kurang 1 menit, yang melambangkan peringatan detik-detik proklamasi. Suasana patriotisme semakin menguat manakala Ketua DPRD Kota Sibolga Sahlul Umur Situmeang membacakan teks Proklamasi yang dahulu dikumandangkan oleh Soekarno-Hatta, Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Masyarakat ramai yang menyaksikan jalannya upacara dari luar pagar pembatas lapangan sangat antusias lebih lagi ketika yang ditunggu-tunggu, pasukan pengibar bendera atau Paskibra yang terdiri dari para pelajar terbaik Sibolga dan dikomandani Letda (Laut) Sony Erfianto dari TNI AL, memasuki lapangan dengan derap langkah yang padu, seirama dan tegap.

Dalam rangkaian acara tersebut, juga dilakukan penganugerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI kepada 6 orang PNS secara simbolis. Untuk PNS dengan masa pengabdian 10 Tahun kepada Usman Gunawan Syarif dan Yurni Syafnita, M. Sulhan Sitompul dan Yahyauntuk masa pengabdian 20 tahun serta Abdul Ghani Hutagalung dan Ibrahim untuk masa pengabdian 30 tahun. Juga dilakukan pemberian penghargaan untuk kelurahan terbaik yang diterima oleh Camat Sibolga Kota Binsar Manalu mewakili Lurah Pancuran Gerobak Azwar -yang tidak dapat hadir karena sedang menerima penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara di Medan– sebagai Juara I, Lurah Pancuran Kerambil Susanna O.M. Sibuea sebagai Juara II dan Lurah Aek Habil Hermanto Hutagalung sebagai Juara III. (bjo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X