Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Sibolga Peringati Hari Sumpah Pemuda

SIBOLGA – Bertempat di Lapangan Simaremare, Kota Sibolga mengadakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85, Senin pagi tadi (28/10). Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk bertindak selaku Inspektur Upacara dan Jamil Zeb Tumory sebagai pemimpin upacara.

Peserta terdiri dari berbagai elemen pemuda mulai dari pelajar, Pramuka, mahasiswa, OKP, TNI, POLRI, juga PNS se-Kota Sibolga dalam suasana yang khidmat. Pengibar bendera berasal dari Paskibra Kota Sibolga saat 17 Agustus lalu. Juga terlihat barisan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu pasangan pemuda yang berpakaian adat masing-masing etnis yang ada di Kota Sibolga. Hal ini melambangkan persatuan dan kesatuan pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai suku, agama dan ras saat bersatu mengadakan kongres sehingga terciptalah Sumpah Pemuda. Semua pasangan yang berpakaian adat tampil ke depan saat dibacakannya isi dari Sumpah Pemuda.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dalam sambutannya yang dibacakan Walikota mengatakan, “Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 tahun ini mengangkat tema Dengan Sumpah Pemuda, kita wujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi. Tema tersebut membawa pesan bahwa kita semua, dan pemuda Indonesia khususnya, perlu meyakinkan dunia bahwa kita adalah generasi pemuda yang tetap memelihara kesantunannya di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial yang melanda dunia”. Tujuan dari tema tersebut sangat bermakna, yaitu sebagai gerakan moral, sosial, politik, dan budaya agar pemuda memiliki kemampuan dan kinerja yang handal dalam bekerja sama dan sekaligus mampu membawa nama baik Indonesia di hadapan masyarakat dunia.

“Nilai-nilai tersebut selayaknya menjadi pegangan hidup Pemuda Indonesia agar Indonesia dapat segera mengentaskan dirinya menghadapi berbagai masalah dengan cara-cara yang lembut, ramah, tetapi sekaligus memperlihatkan kinerja kecendekiaan, imajinatif, dan bermutu tinggi. Itulah sebabnya, saya selaku Menteri Negara Pemuda dan Olahraga sekali lagi menghimbau para pemuda dan pemudi Indonesia untuk tetap bersatu padu menjunjung kejayaan Indonesia”, sambungnya.

Jiwa kewirausahaan diharapkan bisa bertumbuhkembang pada pemuda melalui upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah. Hal ini juga diserukan oleh Menteri Roy Suryo, “Hadiah yang luar biasa bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah diterbitkannya Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2013 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 September 2013 Tentang Pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP)”.

Setelah selesai upacara, dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-85 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga. Adapun jenis pertandingan yang dilaksanakan yaitu lomba terompah, tarik tambang, vocal solo, gerak jalan dan lomba pidato. Peserta lomba tersebut berasal dari seluruh elemen pemuda dan mahasiswa yang ada di Kota Sibolga.

Turut hadir saat upacara Sekda Kota Sibolga, unsur muspida plus atau yang mewakili, pimpinan SKPD se-kota Sibolga, Tim Penggerak PKK, serta undangan lainnya. (bjo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X