Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SIBOLGA PERINGATAN HARI KELUARGA XX


SIBOLGA
– Hari Kamis 24 Oktober 2013, Jalan Tor Simarbarimbing tepatnya di depan Kantor Kelurahan Angin Nauli Kecamatan Sibolga Utara dijadikan tempat pelaksanaan Hari Keluarga XX Kota Sibolga Tahun 2013. Dipilihnya kawasan tersebut karena Kelurahan Angin Nauli Kecamatan Sibolga Utara berhasil menjadi Juara I tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS). Sebelumnya pada kegiatan Hari Keluarga Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara bulan Juni lalu, Walikota Sibolga menerima Penghargaan Satya Lencana Manggala Karya Kencana yang diserahkan oleh Kepala BKKBN Pusat di hadapan Wakil Presiden Republik Indonesia. Penghargaan diberikan karena Kota Sibolga dinilai berhasil dalam melaksanakan Program Keluarga Berencana.

Pada peringatan ini, Badan KB dan PP Kota Sibolga juga mengadakan lomba dan kegiatan untuk para kadernya. Lomba yang dilaksanakan berupa Lomba Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Kelompok Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (KPPKS), Kader Percontohan Bina Keluarga Balita (BKB), Keluarga Harmonis dan Sejahtera, pemilihan Petugas Lapangan KB (PLKB) dan Penyuluh KB (PKB) teladan, dan Jalan Santai Keluarga yang sudah dilaksanakan pada tanggal 1 September 2013 lalu. Dari hasil beberapa lomba tersebut, Kecamatan Sibolga Selatan menjadi Juara Umum.

Walikota Sibolga dalam sambutannya mengatakan, “orangtua dari keluarga ideal dengan sendirinya lebih mudah untuk memberikan perhatian, kasih sayang, pemenuhan gizi, kesehatan, asuhan dan pendidikan baik formal maupun non formal. Begitu pula anak-anak yang sejak dini tumbuh dalam lingkungan keluarga yang baik, sehat dan harmonis akan berpeluang menjadi anak bangsa dan negara yang baik dan menjamin kualitas kependudukan suatu bangsa. Tidaklah berlebihan apabila kependudukan memiliki hubungan yang sangat erat dan tak terpisahkan dari program keluarga Berencana”. Keberhasilan Badan KB dan PP melaksanakan programnya juga dipuji oleh walikota, “Atas nama pribadi dan Walikota Sibolga, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, khususnya kepada Badan KB dan PP Kota Sibolga atas usaha dan kerja keras selama ini dalam memberhasilkan pelaksanaan program keluarga Berencana di Kota Sibolga. Sudah selayaknya prestasi ini diberikan apresiasi setinggi-tingginya”, demikian sambungnya.

Kepala Badan KB dan PP Kota Sibolga dr. Welmansen Situmorang dalam laporannya mengatakan, “pada peringatan Hari Keluarga Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dipusatkan di Lapangan Adam Malik Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga banyak mendapatkan penghargaan seperti: Juara III sub PPKBD atas nama Renta Panjaitan, Juara III PLKB atas nama Muktiono, Juara II Kelompok BKB Percontohan BUNDA Kelurahan Aek Habil Kecamatan Sibolga Selatan, Juara I Kelompok BKL Mutiara Kelurahan Pancuran Dewa Kecamatan Sibolga Sambas, Juara II Pelaksana Kesatuan Gerak PKK-KB-KES Kelurahan Aek Habil Kecamatan Sibolga Selatan, Juara II PHBS Kelurahan Pancuran Dewa Kecamatan Sibolga Sambas, Juara I LBS Kelurahan Angin Nauli Kecamatan Sibolga Utara dan juara II Posyandu Teratai Kelurahan Pancuran Bambu Kecamatan Sibolga Sambas”.

Pada pelaksanaan peringatan Hari Keluarga XX Kota Sibolga, Walikota Sibolga meninjau puskesmas pembantu Sibolga Julu tempat pelayanan KB dan pemberian vaksin polio kepada balita. Juga pemberian hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang telah dilaksanakan. Acara juga dihadiri oleh Wakil Walikota Sibolga Marudut Situmorang, unsur muspida, tim penggerak PKK, pimpinan SKPD, Camat dan Lurah, kepling dan kader KB se-kota Sibolga serta masyarakat sekitar. (bjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X