Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wakil Wali Kota Sibolga Tutup BBGRM Dan HKG PKK Ke 46 Tingkat Kota Sibolga

SIBOLGAWakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi,  menutup secara resmi bulan bhakti gotong royong masyarakat  (BBGRM) yang ke- XV dan hari kesatuan gerak (HKG) PKK yang ke- 46 tingkat Kota Sibolga, dilaksanakan di Jalan Jompol kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Siboga, Senin (20/8/2018).

Acara penutupan ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP.PKK Kota Sibolga ibu Doharta Hutabarat beserta jajarannya, para pimpinan OPD Kota Sibolga, Forkopimda Kota Sibolga, serta camat dan lurah.

Wakil Wali Kota menyampaikan, pelaksanaan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) merupakan upaya untuk lebih menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang kita jadikan sebagai gerakan nasional yang didasari oleh tiga pertimbangan utama.

Yakni memperkuat integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat pada setiap komunitas lokal, agar tercipta keharmonisan kehidupan bersama, yang akan bermuara pada penguatan persatuan bangsa dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, demi meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan semangat gotong royong dan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat, agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan hasil – hasil pembangunan.

Pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak PKK yang selama ini dilaksanakan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga. Sehingga melalui keluarga yang berkualitas akan menghadirkan kehidupan masyarakat yang lebih berkualitas.

Ketua Panitia, Asisten II Pemko Sibolga Hendra Darmalius, A.Pi, menyampaikan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-  46 tingkat Kota Sibolga Tahun 2018 merupakan kegiatan kerja sama masyarakat dalam berbagai  bidang yang diarahkan kepada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan.

Hal itu terwujud dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 44 Tahun 2005 tentang penyelenggaraan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM), dengan peraturan Menteri tentang hal tersebut, Walikota Sibolga mengeluarkan surat keputusan nomor : 410/200/Tahun 2018 tentang susunan tim pelaksana fasilitasi dan tim sekretariat penyelenggaraan kegiatan peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM)XV dan hari kesatuan gerak (HKG) PKK ke 46 kota Sibolga Tahun 2018,” jelasnya.

Dalam sambutan Ketua TP.PKK Kota Sibolga Dra. Hj. Delmeria Sikumbang yang dibacakan oleh wakil ketua TP.PKK Kota Sibolga ibu Doharta Hutabarat menyampaikan, bahwa peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat setiap tahunnya dipadukan dengan peringatan hari kesatuan gerak (HKG) PKK. Hal ini mengandung makna, bahwa bulan bhakti gotong royong merupakan salah satu strategi pemberdayaan yang diharapkan dapat membangkitkan gotong royongan masyarakat untuk memperkuat peran perempuan dalam pembangunan keluarga mandiri.

Hari kesatuan gerak PKK mengingatkan kita bahwa peran keluarga khususnya peran perempuan, peran istri/ibu sangatlah penting dalam mendorong kemandirian keluarga serta meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui berbagai usaha tanpa meninggalkan peran strateginya sebagai pilar keluarga.

“Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kaum perempuan, para istri/ibu, jajaran TP.PKK Kota Sibolga dan kader-kader PKKdi Kota Sibolga yang tanpa lelah dengan penuh semangat telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat,” tuturnya.

Dalam acara ini turut diserahkan hadiah kebersihan lingkungan antar OPD Kota Sibolga, penetapan kelurahan terbaik pelaksanaan bulan bhakti gotong royong dan hari kesatuan gerak PKK, camat dan lurah terbaik, serta supir terbaik tingkat Kota Sibolga, dan penyerahan baju batik diberikan kepada warga binaan PT.P2W-KSS sebanyak 35 orang.  (mks/amir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X