Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

BPJS LAKSANAKAN PROGRAM PROMOTIF DAN PREVENTIF DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM IVA DAN PAPSMEAR

SIBOLGA BPJS Kesehatan Cabang Sibolga melaksanakan Program Promotif dan Preventif deteksi dini kanker leher rahim Iva dan Papsmear bagi kaum ibu di Kota Sibolga. kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan yang ke-48 tahun.   Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan senam kesehatan jasmani dan aerobik yang dilaksanakan rutin oleh Dinas Budparpora Kota Sibolga, Jumat (29/07).

Kepala Cabang BPJS Sibolga Ario Trisaksono dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselengggarakan oleh BPJS Kesehatann secara serentak di seluruh Indonesia, bekerjasama dengan OASE Kabinet Kerja, Kementerian Kesehatan RI, dan BKKBN yang bertujuan untuk mencegah peningkatan angkat skrining deteksi dini kanker leher rahim dengan metode pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Papsmear.

Pemeriksaan IVA dan Papsmear ini merupakan pelayanan promotif preventif yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada peserta JKN-KIS, untuk memberikan gambaran sejak dini tentang resiko kanker leher rahim pada wanita, disamping pelayanan kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan) yang rutin diberikan setiap harinya melalui fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Di Indonesia sendiri, data yayasan kanker Indonesia (YKI) menyebutkan, bahwa kanker leher rahim menempati 34,4 % dari keseluruhan kasus kanker pada perempuan Indoensia. Dari seluruh kasus yang ditemukan, hampir 70 % kasus diketahui saat telah dalam stadium lanjut. hal ini menyebabkan rata-rata 1 orang perempuan Indonesia meninggal akibat kanker leher rahim setiap harinya.

Ario Trisaksono menambahkan, “khusus wilayah Kota Sibolga, dilaksanakan di 7 titik layanan yaitu, Laboratorium Dinas Kesehatan Sibolga, Laboratorium Prodia dan 5 puskesmas di wilayah Kota Sibolga dengan jumlah peserta yang menjalani pemeriksaan IVA sejumlah 100 orang dan Papsmear sejumlah 200 orang,” kata Ario Trisaksono.

Wakil Wali Kota Sibolga yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Ir. Basar Sibarani yang berkesempatan membuka acara ini menghimbau, kepada seluruh masyarakat Kota Sibolga agar tetap menjaga kesehatan dengan baik dengan tetap menjaga pola hidup yang baik. dan khusus bagi kaum ibu, dihimbau agar melakukan deteksi kanker leher rahim sedini mungkin agar terhindar dari penyakit kanker leher rahim yang mematikan ini. sehingga tercapai derajat kesehatan ibu yang setinggi-tingginya di wilayah Kota Sibolga yang tercinta ini.    (rian)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X