Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

SENAM BERSAMA, PEMERIKSAAN DAN PENGOBATAN GRATIS WARNAI PERINGATAN HARI LANSIA KOTA SIBOLGA TAHUN 2018

SIBOLGA – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-22 Kota Sibolga Tahun 2018, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Sosial Kota Sibolga menggelar senam sehat, pengobatan gratis dan penyerahan bantuan beras dan kacamata gratis bagi para lansia, berlangsung di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Kamis (19/07/2018), pagi.

Acara Peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-22 tahun 2018 ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi, para Pimpinan OPD Kota Sibolga, serta para Camat dan Lurah se- Kota Sibolga .

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang S.Pi, mengutarakan, bahwa seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat akan berdampak pada usia harapan hidup. Usia harapan hidup yang meningkat ini tentunya akan berdampak pada semakin banyaknya warga lanjut usia, sehingga para lanjut usia dapat tetap hidup bahagia dan berkarya di usia yang sudah lanjut.

Dan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional setiap tahun, selalu diperingati dan mendapat perhatian secara khusus, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat menghargai terhadap orangtua. Dimana dalam membangun sistem kehidupan berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia selalu menekankan dan mengutamakan pada ikatan kekeluargaan dan menghargai peran serta kedudukan lanjut usia dalam keluarga maupun masyarakat,ucapnya.

Beliau mengatakan, disatu sisi, pada fase menjadi lanjut usia, kualitas hidup pada semua aspek mengalami penurunan. Kemampuan fisik dan mental menurun yang mengakibatkan produktifitasnya menurun. Usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia, diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial yang meliputi pelayanan keagamaan dan mental spiritual, kesehatan, kesempatan kerja, bantuan hukum, perlindungan sosial dan bantuan sosial.

“Disamping itu, diberikan berbagai pelatihan keterampilan dan permodalan, sehingga walaupun memasuki usia tua, para lanjut usia tetap energik dan berkarya sehingga terus memiliki semangat hidup dan sehat,” serubeliau.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga Amir Bahsyan Laoly melaporkan, bahwa peserta kegiatan Peringatan Hari Lansia Kota Sibolga Tahun 2018 diikuti sebanyak 400 orang yang terdiri dari 260 orang lansia yang berasal dari 17 keluarahan se-kota Sibolga, dan 140 orang Ibu-ibu PKK se-Kota Sibolga.

Adapaun thema dari kegiatan Peringatan Hari Lansia Kota Sibolga Tahun 2018 adalah “Sehat, Produktif dan Sejahtera Sebagai Syarat Pembangunan Berkelanjutan”. Dengan  tujuan kegiatan yakni, terwujudnya dan meningkatnya kesadaran para lanjut usia akan pentinya makna kehidupan berbangsa dan bernegara serta meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia, ungkap Amir Bahsyan Laoly. (mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X