Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WAKIL WALI KOTA SIBOLGA BUKA SOSIALISASI TINDAK PIDANA PUNGLI, SUAP MENYUAP DAN GRATIFIKASI

SIBOLGADalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil guna peningkatan kehidupan berbangsa dan bernegara, Satuan Tugas (satgas) Saber Pungli UPP Kota Sibolga mengadakan sosialisasi tentang tindak pidana pungutan liar (pungli), suap menyuap dan gratifikasi untuk mencegah adanya praktik pungli dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Nasional Kota Sibolga, Selasa (27/2/2018) pagi ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Hendra Syahputra, SE, Wakapolres Kota Sibolga Reza Fahlevi Lubis, perwakilan Forkopimda Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta camat dan lurah se-Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa, semangat pemberantasan pungli bukan hanya dari faktor jumlah kerugian negara yang diakibatkan, akan tetapi lebih pada faktor kebiasaan-kebiasaan yang tidak jujur yang harus dihilangkan. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada semua jajaran aparatur Pemerintah Kota Sibolga untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa adanya pungutan dalam bentuk apapun.

Dirinya juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kota Sibolga untuk selalu berperan aktif dengan melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila ada oknum aparatur pemerintah daerah yang melakukan pungutan liar.

Dikesempatan ini, beliau juga mengatakan bahwa, dengan adanya sosialisasi ini, merupakan salah satu langkah mendukung tugas dan wewenang dari Satgas Saber Pungli dalam membangun sistem pencegahan, pemberantasan, koordinasi, dan tangkap tangan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Satgas Saber Pungli UPP Kota Sibolga Yahya Hutabarat, menyampaikan bahwa sosialisasi ini akan menjelaskan bagaimana proses-proses terjadinya pungli serta sebagai sarana enyampaikan solusi-solusi untuk menerangkan jalan keluar agar tidak terjadi pungli. “Maka dari itu, hal-hal yang berurusan dengan pungutan yang tidak resmi akan segera ditiadakan, dengan keterpaduan koordinasi dan kerja sama dari semua pihak diharapkan operasi pemberantasan pungli ini dapat berjalan secara efektif,” ucapnya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi ini yaitu sebanyak 150 peserta yang terdiri dari seluruh camat, lurah, kepala lingkungan se-Kota Sibolga, dan instansi vertikal di Kota Sibolga. Yang menjadi narasumber dalam sosialisasi ini adalah Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kota Sibolga Kompol Reza Fahlevi Lubis, SH, yang juga merupakan Wakapolres Kota Sibolga. (mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X