Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PELABUHAN PENYEBERANGAN SIBOLGA SIAP DIOPERASIKAN

SIBOLGA Pemerintah Kota Sibolga siap mengoperasikan pelabuhan penyeberangan penumpang yang terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan. Direncanakan, pelabuhan tersebut akan diresmikan penggunaannya pada 1 Juni 2016 mendatang, yang akan melayani penumpang dari dan menuju pelabuhan Gunung Sitoli, Nias. Untuk mematangkan persiapannya, diadakan rapat koordinasi lintas sektor, bertempat di Kantor Wali Kota Sibolga, Selasa (10/5). Hadir dalam rapat ini antara lain Dinas Perhubungan, pihak ASDP, UPT ASP, Satlantas Polresta Sibolga, Kapolsek Sibolga Selatan, pihak TNI, Dinas KPP, Satpol PP, Dinas Perindagkop, LHKP, Camat Sibolga Selatan, Lurah Aek Manis, dan lain-lain.

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Ir. Basar Sibarani didampingi Asisten Ekbang Drs. Juneidi Tanjung ini, secara khusus membahas rekayasa lalu lintas guna menjamin kelancaran arus transportasi di sekitar pelabuhan, mengingat letak pelabuhan ini berdampingan dengan pusat pasar ikan yang selalu ramai dan rawan macet. Sehari-hari, di kawasan itu lalu lalang truk-truk pengangkut ikan dan es serta becak-becak. Persoalan lainnya yang harus diatasi ialah tumpah ruahnya para pedagang ikan ke badan jalan.

Mengatasi persoalan itu, Kakan Satpol PP Singkat Sijabat, mengusulkan agar jalan KH. Ahmad Dahlan diubah menjadi satu arah. Ia juga meminta supaya dibentuk tim gabungan yang akan bekerja 24 jam selama persiapan peresmian.

Usulan Kakan Satpol PP tersebut didukung oleh pihak Satlantas Polresta Sibolga. Ia menyatakan siap untuk menegakkan peraturan lalu lintas di sepanjang jalan KH. Ahmad Dahlan, apabila telah dibuatkan rambu-rambu lalu lintas yang berkaitan. Satlantas juga mendukung penetapan satu arah di jalan itu secara terbatas, yaitu pada jam-jam tertentu, khususnya pada jam-jam keberangkatan dan kedatangan penumpang kapal. Mendengar masukan Satlantas, pimpinan rapat menyetujui penetapan jalur satu arah di Jl. KH. Ahmad Dahlan pada jam-jam tertentu, yang akan segera disosialisasikan ke masyarakat dan dibuatkan rambu-rambu lalu lintasnya.

Beroperasinya pelabuhan ini otomatis akan menggantikan pelayanan penyeberangan penumpang yang selama ini dilayani oleh ASDP dari Pelabuhan Sambas milik Pelindo I. Adapun pelabuhan penyeberangan baru ini merupakan milik Pemko Sibolga, yang dikelola oleh UPT Angkutan Sungai dan Penyeberangan, yang bernaung di bawah Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Sibolga.             (gan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X