Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

DISHUB KOTA SIBOLGA ADAKAN RAPAT KOORDINASI BERSAMA FORUM LALU LINTAS & ANGKUTAN JALAN

SIBOLGA – Untuk mewujudkan pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib, dan lancar di Kota Sibolga, Dinas Perhubungan Kota Sibolga adakan rapat koordinasi bersama forum lalulintas dan angkutan umum Kota Sibolga, di aula Kantor Wali Kota Sibolga, Selasa (31/10). Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Sekda Kota Sibolga Drs. Mochamad Sugeng, Asisten I Pemko Sibolga Josua Hutapea, Asisten II Drs. H. Juneidi Tanjung, M.pd, pimpinan OPD, Kasatlantas Sibolga AKP Alfian Arbi, dan perwakilan unsur Forkopimda Kota Sibolga.

Dalam rapat yang dilaksanakan ini, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan menjadi pokok pembahasan, yakni pertama langkah-langkah penanggulangan untuk mempelancar arus lalu lintas di Kota Sibolga. Kedua, optimalisasi dan perbaikan prasarana tranportasi, ketiga penertiban pasar-pasar dan pasar tradisional (pasar tumpah) yang memanfaatkan badan jalan sehingga membuat kemacetan.

Sekda Kota Sibolga Drs. Mochamad Sugeng, selaku ketua forum lalulintas Kota Sibolga menyampaikan, bahwa masalah yang dihadapi Kota Sibolga saat ini adalah kemacetan, masuknya truk-truk ke semua ruas jalan kota, kurangnya rambu-rambu lalu lintas di tempat-tempat tertentu, dan perilaku masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas.

Menanggapi poin-poin pembahasan, Sugeng mengutarakan, untuk mencegah masuknya truk-truk ke ruas jalan kota, Pemko Sibolga akan memulai pembangunan terminal truk yang berada di kilometer 4 Sibolga Julu, Kelurahan Hutabarangan, Kecamatan Sibolga Utara. Pada tahap pembangunan pertama, Pemko Sibolga telah mengupayakan DED (perencanaan gambar kerja detail), UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) dan maker proyek terminal truk, dengan menggunakan jasa konsultan, yaitu para pakar berkompeten di bidangnya dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. “Dengan terbangunnya pangkalan terminal truk tersebut, aktivitas bongkar muat barang akan terpusat di terminal, dan tidak ada lagi truk yang akan masuk ke ruas jalan kota,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Marajahan Sitorus, Kadis Perhubungan Kota Sibolga mengatakan, bahwa rapat forum lalu lintas dan angkutan jalan ini dimaksudkan untuk melakukan koordinasi antar instansi penyelenggara yang memerlukan keterpaduan dalam merencanakan dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Sibolga.  (mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X