Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

APBD KOTA SIBOLGA T.A 2018 DISAHKAN !

SIBOLGA Wali Kota Sibolga Drs. H. M. Syarfi Hutauruk, M.M menyambut baik semua saran dan himbauan dari anggota DPRD Kota Sibolga terkait pandangan umum anggota DPRD Kota Sibolga terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang APBD Kota Sibolga Tahun Anggaran 2018, yang disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Sibolga yang dilaksanakan di ruang rapat utama DPRD Kota Sibolga, Kamis (16/11).

Adapun rincian APBD Kota Sibolga T.A 2018 yang disahkan tersebut, yakni belanja daerah sebesar Rp 647,7 miliar yang terdiri dari belanja tidak langsung Rp 274,8 miliar dan belanja langsung Rp 372,8 miliar. Surplus defisit Rp 31,6 miliar.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus Lumban Tobing, SE, dengan didampingi Wakil Ketua Hendra Saputra dan Jamil Zeb Tumori ini, banyak menyoroti tentang kinerja pemerintah di semua OPD yang beberapa diantaranya menurut anggota DPRD perlu adanya perbaikan. Menurut para anggota DPRD, masih terdapat beberapa kelemahan di beberapa OPD dalam pelaksanaan program dan pengelolaan anggarannya. Oleh karena itu, untuk OPD yang programnya dapat memberikan manfaat, anggota DPRD Kota Sibolga juga tak sungkan memberikan pujian.

Wali Kota Sibolga Drs. H. M. Syarfi Hutauruk, M.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua saran dan himbauan dari para anggota dewan yang terhormat merupakan masukan yang sangat berharga untuk dijadikan bahan dalam menyusun perencanaan pembangunan Kota Sibolga yang lebih matang, akurat, transparan dan akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan.

“Kami menyadari masih ada lagi yang perlu dibenahi dan harus ditangani secara sungguh-sungguh, namun akibat keterbatasan yang kita miliki tentu apa yang kita harapkan dan apa yang kita realisasikan harus dapat kita maklumi. Walaupun demikian, melalui pendapat akhir yang disampaikan oleh fraksi-fraksi dewan yang baru saja kita dengarkan, kami dapat memahami dan mengerti sepenuhnya. Untuk itu kami akan terus berupaya untuk menindaklanjutinya dengan tetap mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku,” ujar Syarfi.

Pada kesempatan ini H. M. Syarfi Hutauruk, M.M, meminta kepada seluruh jajaran OPD Pemerintah Kota Sibolga untuk lebih aktif dalam mensosialisasikan program pembangunan yang telah diagendakan, serta mematuhi koridor dan prosedur yang telah ditetapkan dalam setiap pelaksanaan kegiatan, sehingga deviasi dari rencana program masih dapat ditolerir. Selain itu, Syarfi juga meminta untuk senantiasa kerja, kerja dan kerja demi kepentingan masyarakat Kota Sibolga.

Di kesempatan ini, Ketua DPRD Tonny Agustinus Lumban Tobing juga menyampaikan bahwa rapat paripurna yang digelar tersebut merupakan agenda terakhir DPRD Kota Sibolga pada Tahun 2017. Dia mengatakan, setelah APBD ini ditetapkan, agar segera diusulkan ke Pemerintah Provinsi Sumut untuk dieksaminasi sehingga APBD Kota Sibolga 2018 dapat digunakan mulai Januari 2018 nanti. (rj/mks)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X