Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA RAMAH TAMAH BERSAMA TIM SURVEIOR KOMISI AKREDITASI PUSKESMAS

SIBOLGA – Dalam rangka menjalin tali silaturahmi antara Pemerintah Kota Sibolga dan jajaranpetugas puskesmas Pemerintah Kota Sibolga dengan tim surveior komisi akreditasi pusat yang merupakan lembaga survey dibawah naungan Kementrian Kesehatan RI dalam rangka penilaian akreditasi puskesmas di Kota Sibolga, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Kesehatan mengadakan ramah tamah yang dilaksanakan di Restoran Hotel Wisata Indah Sibolga, Minggu (18/12) malam. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L. Tobing, SE, serta beberapa kepala SKPD Kota Sibolga.

Dalam kegiatan ramah tamah tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Yusuf Batubara menyampaikan, tujuan diadakannya penilaian akreditasi puskesmas di Kota Sibolga yang akan dimulai Senin (19/12) adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu puskesmas se-Kota Sibolga serta sebagai wahana pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan klinis dan penerapan manajemen resiko di pelayanan kesehatan dasar.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Sibolga  berharap kepada tim surveior dalam penilaian nanti disamping menilai juga memohon agar membimbing para SDM di puskesmas yang dinilai, supaya dimasa yang akan datang mekanisme pelayanan kesehatan di Kota Sibolga bisa semakin meningkat.

“Tujuan penilaian ini adalah bukan sekedar mempunyai sertifikat akreditasi, tetapi yang utama adalah bagaimana memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tingkat pertama dan juga memperbaiki manajemen penyelenggaraan puskesmas,” kata Syarfi.

Senada dengan apa yang disampaikan Wali Kota Sibolga, Tonny Tobing selaku ketua DPRD Kota Sibolga juga berharap kepada tim penilai agar kiranya dalam melakukan penilaian dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta berharap Sibolga dapat menjadi andalan bagi Provinsi Sumatera Utara dan puskesmas dapat menjamin bahwa semua pasien mendapatkan pelayanan dan informasi yang sebaik-baiknya  sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien, tanpa memandang golongan sosial, ekonomi, pendidikan, jenis kelamin, ras, maupun suku.

Tim penilai akreditasi puskesmas dari pusat tersebut terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu Dr.Zunirwan  untuk penilaian manajemen, Dr. Nita Yulinda untuk penilaian upaya kesehatan perorangan (UKP) dan ibu Susilawati, SKM.M.Kes untuk penilaian upaya kesehatan masyarakat (UKM). Dan puskesmas yang akan di nilai mewakili Kota Sibolga adalah Puskesmas Pintu Angin dan Puskesmas Aek Habil. (hendri/amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X