Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Pembukaan Festival Ramadhan Fair dan Pelepasan Tim Safari Ramadhan

SIBOLGA Ditandai dengan pemukulan bedug, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk membuka secara resmi Festival Ramadhan Fair Kota Sibolga Tahun 2017, Senin (29/5) yang dipusatkan di pelataran Masjid Agung Kota Sibolga.Kegiatan sekaligus dirangkai dengan pelepasan Tim Safari Ramadhan Pemko Sibolga yang berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 22 Juni 2017. 

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga menyampaikan apresiasi pelaksanaan festival Ramadhan Fair tahun ini, Syarfi menyebutkan, kegiatan Ramadhan Fair selain menjalin hubungan silaturahmi juga salah satu upaya melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang ada, khususnya yang bernuansa islami.

Selain itu lanjutnya,  festival ini diharapkan dapat menghasilkan anak-anak yang berprestasi sekaligus menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha serta berakhlak mulia. Karena tujuan kegiatan ini yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas. Serta membangkitkan gerakan ekonomi kerakyatan melalui kreatifitas dalam menciptakan produk ekonomi kreatif. 

“Melalui Festival Ramadhan Fair ini, mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan membudayakan nilai-nilai islami. Memperbanyak ibadah di bulan suci ini agar keberkahan Ramadhan dapat kita peroleh,”ajak Wali Kota Sibolga. 

Diakhir sambutannya, beliau berharap, kiranya ajang ini jangan hanya sebatas kegiatan serimonial belaka, akan tetapi dievaluasi agar pelaksanaannya tepat sasaran dan memberi manfaat. Bentuk evaluasi itu dapat dilakukan dengan melihat indikator tentang kepedulian dan keikutsertaan masyarakat dalam menyemarakkan acara festival ini, sehingga acara ini benar-benar dapat bermanfaat besar bagi seluruh masyarakat Kota Sibolga. 

Sebelumnya, Ketua Panita Drs. Juneidi Tanjung dalam laporannya menyampaikan, Ramadhan Fair tahun ini dimotori oleh beberapa Dinas, diantaranya Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan (disperindag) dan Bagian Kesra Setdakot Sibolga. 

Dibeberkannya, Dinas Pendidikan dan kebudayaan mensponsori 10 cabang kegiatan, yaitu kategori anak-anak lomba Pildacil, adzan, lomba menghapal ayat-ayat pendek, lomba sholat jenazah, bercerita islami, lomba nasyid dan lomba pidato. Untuk tingkat dewasa, lomba musik sahur, lomba takbir dan lomba festival band religi, dan vocal solo.  

Sedangkan Dinas Kesehatan membuka stand pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, selanjutnya sebanyak 100 stand kuliner  yang menjual beragam jenis makanan buka puasa yang dikelolah oleh Dinas Perindag Sibolga, kemudian Bagian Kesra mensponsori kegiatan Tilawah Al Quran dan Hifzil Quran. 

Selain itu, Pemerintah Kota Sibolga juga melepas7 Tim Safari Ramdhan ke masjid-masjid se-Kota Sibolga yang terdiri dari unsur TNI/Polri, DPRD Sibolga, dan Pemko Sibolga. 

“Kegiatan Safari Ramadhan ini akan dimulai dari tanggal 6-11 Juni 2017. Tim akan mengunjungi  Masjid dan Musollah se-Kota Sibolga, dan akan memberikan bingkisan berupa 5 kain sarung, 40 kg gula, 4 kg kopi, 1 lusin sirup dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta untuk Masjid dan Rp 2 Juta untuk Mushollah yang bersumber dari APBD Kota Sibolga Tahun 2017, ungkap Juneidi. 

Sebelum meninggalkan tempat kegiatan tersebut, Wali Kota Syarfi Hutauruk dengan didampingi Wakil Wali Kota Edipolo Sitanggang, Wakil Ketua DPRD Hendra Sahputra,  dan Sekda M. Sugeng  menyempatkan diri untuk mengunjungi dan berbelanjadi sejumlah stand yang ada di lokasi Ramadhan Fair tersebut(amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X