Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

LARI LINTAS WISATA ALAM, KARNAVAL KREATIF, DAN LOMBA DAYUNG PERAHU MERIAHKAN PUNCAK HARI PARIWISATA KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Perayaan puncak Hari Pariwisata Dunia Tingkat Kota Sibolga dihiasi dengan lomba dan festival pariwisata, dengan rangkaian kegiatan antara lain ; pertunjukan karnaval kreatif yang mana merupakan pertunjukan yang pertama sekali dilaksanakan di Kota Sibolga, lomba lari lintas wisata alam tingkat SLTA/SLTP sederajat, dan lomba dayung perahu tradisional. Puncak acara dipusatkan di lokasi Pelabuhan Lama, Kelurahan Kota Beringin, Kota Sibolga, Senin (10/10) kemaren.   

Rangkaian lomba dan festival Hari Pariwisata Kota Sibolga ini dibuka dan dilepas langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk  dengan didampingi Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang bersama pimpinan DPRD dan Unsur Muspida Kota Sibolga. rangkaian kegiatan diawali dengan pertunjukan seni tari pesisir, fashion show kreatif designer generasi muda dan pertunjukan badut serta Barongsai.

Peringatan Hari  Hari Pariwisata Kota Sibolga Tahun 2016 mengambil tema “Pariwisata Untuk Semua – Mempromosikan Pariwisata Yang Dapat Diakses Oleh Semua Orang “ dengan sub tema “Melalui Pelaksanaan Lomba Dan Festival Pariwisata Kota Sibolga Tahun 2016, Mari Kita Jadikan Sektor Pariwisata Kota Sibolga Sebagai Salahsatu Sektor Penting Dalam Pembangunan Kota Sibolga”.

 

Dalam laporannya, Kadis Budparpora Kota Sibolga Tarmizi, selaku Ketua Panitia  Hari Pariwisata Kota Sibolga mengatakan, dalam memeriahkan hari pariwisata dunia (World Tourism Day) yang diperingati setiap tanggal 27 September tiap tahunnya oleh negara-negara di dunia yang tergabung dalam United Nation World Tourism Organization (UN WTO) dan diperingati di tingkat nasional juga daerah bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan peran pariwisata dan untuk menunjukkan dampak pariwisata akan nilai sosial, budaya, politik dan ekonomi dunia, serta meningkatkan pembangunan sektor kepariwisataan Kota Sibolga sehingga dapat berperan penting dalam pembangunan perekonomian daerah yang diharapkan mampu mensejahterakahkan masyarakat Sibolga.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan diadakannya acara ini,  dapat meningkatkan kesadaran dalam melestarikan nilai- nilai seni budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang ada di Kota Sibolga, sehingga memberikan kebanggaan bagi masyarakat Sibolga akan potensi  alam dan budaya yang dimiliki, serta mempromosikan potensi wisata bahari, wisata sejarah dan wisata pegunungan di Kota Sibolga.

 

Diharapkan, dengan  membina, mengembangkan dan melestarikan seni budaya Kota Sibolga sebagai aplikasi dari Negeri  Berbilang Kaum Perekat Umat Beragama dalam meningkatkan kemitraan, kerjasama dan menjalin silatuhrahmi di antara para tokoh budaya, masyarakat yang terhimpun dalam kelompok sadar wisata, serta seluruh insan pariwisata di Kota Sibolga sebagai bagian dari pilar pembangunan pariwisata di Kota Sibolga.

Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk dalam sambutannya dan arahannya menyampaikan, Peringatan Hari Pariwisata Dunia ini dimaksud untuk mendorong kesadaran masyarakat internasional akan pentingnya pariwisata sebagai bagian dari pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya yang berkelanjutan.

 

“Pembangunan pariwisata memiliki arti yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek. Dari sisi ekonomi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata memberikan kontribusi terhadap PDB (Baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi), membuka peluang usaha jasa pariwisata baik langsung maupun tidak langsung, dan membuka peluang kerja yang sangat banyak,” demikian dikatakan Wali Kota Syarfi Hutauruk sesaat sebelum melepas balon ke udara tanda ditutupnya rangkaian acara Hari Pariwisata Dunia Tingkat Kota Sibolga.

Selain rangkaian kegiatan tersebut diatas, dilaksanakan juga perlombaan penilaian kebersihan usaha – usaha pariwisata kategori kafe, kedai kopi, hotel bintang dan hotel non bintang, restoran atau rumah makan tipe A dan tipe B yang telah dilaksanakan pada 30 September 2016 yang lalu.  (hendrik/ben/amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X