Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA BEKERJA SAMA DENGAN USAID PRIORITAS LAKSANAKAN PROGRAM PKB DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI KOTA SIBOLGA

SIBOLGA  –  “Guru merupakan garda terdepan dalam menjalankan roda pendidikan, karya guru akan mewarnai segala aspek kehidupan di seluruh penjuru dunia,” demikian diungkapkan Wali Kota Sibolga Drs.  H.M. Syarfi Hutauruk, MM saat membuka secara resmi acara pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) terkait isu-isu peningkatan dan pengembangan pendidikan di Kota Sibolga, yang bertempat di Aula Hotel Prima Indah Kota Sibolga, Kamis (25/8) Pagi.

Kegiatan tersebut  dihadiri Kepala BKPP Kota Sibolga Yahya Hutabarat, Kadis Pendidikan Kota Sibolga Drs. Alpian Hutauruk M.Pd, Kepala Bappeda Kota Sibolga Drs. Charli Sinambela, perwakilan USAID Prioritas, dan seluruh Kepala Sekolah  SD dan SMP se-Kota Sibolga.

Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM mengungkapkan, di dalam perkembangan dan perubahan global saat ini telah memposisikan dunia pendidikan menjadi bagian terpenting yang mesti dibenahi dan disinergikan dengan semua bidang kehidupan manusia dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang berorientasi pada penciptaan peserta didik yang berintelektual saintis berbasis spiritual dan bukan sekedar memproduksi manusia yang cerdas semata.

Pada dasarnya, tugas mendidik anak bangsa adalah tugas bersama antara guru dan orangtua serta masyarakat. Dalam hal ini guru merupakan garda terdepan dalam menjalankan roda pendidikan, karya guru akan mewarnai segala aspek kehidupan di seluruh penjuru dunia. “Ditangan guru, diharapkan  akan melahirkan bangsa yang bermoral memiliki kekuatan spiritual, cerdas, terampil, kreatif, kompetitif dan berwawasan luas,” ucapnya.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, sosok guru yang ideal adalah guru yang memiliki kompetensi, integritas, berkepribadian dan berjiwa kemasyarakatan. Dalam rangka peningkatan kualitas dirinya menjadi professional di dalam pendidikan dan semua ini dilakukan berdasarkan kesadaran diri sehingga konsep pendidikan sepanjang hayat dilaksanakan oleh guru sebenarnya bukan sebagai slogan yang diucapkan di hadapan murid-murid, pungkasnya.

Atas nama Pemko Sibolga, Syarfi Hutauruk tak lupa mengucapkan terima kasih kepada USAID Prioritas yang telah melaksanakan kegiatan workshop pendidikan terhadap pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) terkait isu-isu peningkatan dan pengembangan pendidikan di Kota Sibolga.

Kadis Pendidikan Kota Sibolga Drs. Alpian Hutauruk, M.Pd dalam pemaparannya, menyampaikan bahwa visi Kota Sibolga adalah membangun masyarakat sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing. Dan visi Dinas Pendidikan Kota Sibolga yakni terwujudnya insan serta ekosistem  pendidikan yang humanis, cerdas serta berdaya saing. Sedangkan visi Kemendikbud sendiri adalah  terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong, jelas Alpian.

Alpian mengungkapkan, pelaksanaan sosialisasi ini bahwasanya sejalan dengan misi Dinas Pendidikan Kota Sibolga yakni, mewujudkan pelaku pendidikan yang profesional, mewujudkan insan pendidikan pembelajar, mewujudkan layanan pendidikan yang merata, humanis, dan berkualitas, serta mewujudkan pendidikan yang berbudaya dan berkarakter.  (Amir/Hendri)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X