Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Porkot Sibolga Dimulai, Pertandingkan 8 Cabang Olahraga

SIBOLGA – Resmi bergulirnya Pekan Olahraga Kota (Porkot) Sibolga 2013 ditandai dengan acara pembukaan oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, di Stadion Horas Sibolga di Jalan Diponegoro Sibolga, Senin (28/10).

Pelaksanaan Porkot tahun ini, kata Walikota saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan tersebut merupakan yang pertama kali ditangani langsung oleh KONI Kota Sibolga. “Baru tahun ini Porkot ditangani langsung oleh KONI, karena pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanaannya dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga,” katanya seraya menjelaskan tujuan untuk memberdayakan KONI sebagai induk organisasi keolahragaan daerah melakukan pembinaan langsung kepada para atelit.

Ia berharap, pelaksanan Porkot ini bisa berlangsung secara baik dan sportif ditandai dengan adanya pertanggungjawaban dana hibah yang diserahkan sehingga untuk tahun-tahun berikutnya Pemko Sibolga akan kembali menyerahkan Porkot kepada KONI. “Ini juga sebagai tanda Pemko telah berbagi tugas kepada organsisasi melakukan pembinaan di tengah masyarakat dan diharapkan pelaksanaan Porkot ini bisa berjalan baik dan lancar,” katanya seraya mengungkapkan harapannya Porkot kali ini dapat melahirkan atlit-atlit yang berprestasi untuk diutus bertanding ke tingkat propinsi dan  pusat.

Sementara itu, Ketua Panitia Porkot Dicky Zein Tanjung dalam laporannya menjelaskan, cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porkot kali ini sebanyak 8 (delapan) cabang meliputi Sepak Takraw, Atletik, Bulu Tangkis, Tennis Meja, Sepakbola, Futsal, Pencak Silat dan Bola Volley, memperebutkan 42 medali Emas, 42 medali Perak dan 42 medali Perunggu. “Porkot ini bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan para atelit termasuk dalam hal meningkatkan prestasi  dan managemen penyelenggaraan,” ujarnya seraya menambahkan, Porkot ini juga dimaksudkan sebagai realisasi pembinan prestasi olahraga daerah dan langkah awal rekrutmen atlit ke jenjang lebih tinggi seperti Porwil dan Kejurda.

Porkot akan berlangung sejak hari pembukaan sampai Sabtu (2/11), dengan kontingen dari keempat Kecamatan se-Kota Sibolga dengan total atlit yang ambil bagian sebanyak 420 atelit.

Sepakbola dan Atletik dilaksanakan di Stadion Horas Sibolga, Pencak Silat di Pasar Sibolga Nauli lantai 3, Bola Volley di GOR Parombunan, Tennis Meja di Gedung Nasional, Bulu Tangkis di Gedung PBSI Sibolga, Sepak Takraw di Lapangan Simare-mare dan Futsal di Lapangan Futsal QS Simare-mare. “Tema Porkot, dengan semangat Pekan Olahraga Kota Sibolga Tahun 2013  kita wujudkan Sibolga menuju gudang prestasi,” pungkasnya.

Acara pembukaan diawali barisan defile Juri/Wasit dan kontingen atlit masing-masing kecamatan, pembacaan janji Wasit dan Atlit, atraksi Drum Band, Barongsai, Pencak Silat, dilanjutkan dengan penyerahan Piala Bergilir dari Juara Umum tahun lalu yaitu Kecamatan Sibolga Utara kepada Ketua Panitia untuk diperebutkan kembali serta pelepasan balon oleh Walikota dilanjutkan penendangan bola pertama tanda dimulainya pertandingan perdana antara kesebelasan Sepakbola Kecamatan Sibolga Selatan melawan Kecamatan Sibolga Sambas.

Terlihat hadir pada acara tersebut unsur diantaranya Ketua DPRD Kota Sibolga, Muspida Plus, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Sibolga, para pengurus Pengcab dan pemerhati olahraga ditambah para atelit yang akan bertanding, dan tentu saja para penonton yang memenuhi stadion. (bjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X