Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERTAMA DALAM SEJARAH, KOTA SIBOLGA MASUK NOMINASI DAERAH PERAIH PPD TINGKAT PROVINSI TAHUN 2019

SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga (Pemko Sibolga) masuk sebagai nominator penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2019 dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Tim Penilai Provinsi tahap 2 PPD Tahun 2019 yang dilaksanakan hari ini, Kamis (21/2) di Graha Nauli Bank Indonesia, Kelurahan Simare-mare Kota Sibolga.

Penilaian tahap II ini dilakukan oleh tim penilaian PPD Provinsi Sumut dari Bappeda Sumatera Utara.

Selain Kota Sibolga, sedikitnya ada beberapa daerah lainnya di Sumut yang masuk nominasi. Masing-masing 3 Kota dan 3 Kabupaten yang masuk kategori 3 besar, yaitu Kota Sibolga, Kab. Padang Lawas Utara, Kab. Samosir, Kota Tebing Tinggi dan Kota Binjai.

Tahapan penilaian penerima PPD 2019 ini cukup ketat. Sebanyak 2 tahap dilaksanakan untuk menentukan Kab/kota terbaik di tingkat Provinsi Sumut. Kab/Kota terbaik akan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur dan direncanakan penghargaan atas capaian prestasi ini akan diserahkan dalam Musrembang Provinsi Sumut.

Kepala Bappeda Kota Sibolga, Juneidi Tanjung kepada sisikota mengatakan masuknya Kota Sibolga sebagai nominator penerima PPD 2019 adalah untuk pertama kalinya.

Capaian ini, lanjut Juneidi Tanjung adalah bukti kongkrit bahwa Sibolga terus berupaya meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Sejak kita merdeka, inilah pertama kalinya Sibolga masuk nominasi ajang PPD 2019,” Kata Juneidi menegaskan.

Ia berharap capaian PPD 2019 ini tidak berhenti hanya sampai predikat nominasi saja akan tetapi bisa berhasil meraih yang terbaik di tingkat Provinsi Sumut.

“Nantinya jika Sibolga terpilih menjadi yang terbaik di Sumut, peluang Sibolga masuk nominasi nasional akan terbuka,” paparnya.

Ditanya peluang Sibolga untuk memenangkan kompetisi ini, mantan Kadis Pendidikan Kota Sibolga ini mengatakan peluang tersebut pasti ada. Hal ini mengingat, indikatir tertinggi dari penilaian PPD 2019 adalah dibidang inovasi pembangunan.

“Kita tahu kalau Walikota Sibolga sendiri telah 2 kali menerima penghargaan sebagai Walikota paling inovatif tingkat nasional. Ini tentu melegitimasi bahwa pembangunan di Kota Sibolga dilakukan penuh dengan inovasi,” ungkapnya.

Penilaian tingkat provinsi PPD 2019 hari ini meliputi paparan dari masing masing dinas instansi di Kota Sibolga terkait capaian kinerja yang dilaksanakan. Beberapa dinas instansi yang akan menyampaikan presentasinya pada pertemuan ini diantaranya Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kesehatan Kota Sibolga. Juga ada pemaparan dari leading sektor dinas Kelautan dan Perikanan, BPKAD dan dinas Kominfo Kota Sibolga.   (RJ)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X