Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Perpustakaan Sibolga Adakan Lomba Mewarnai Tingkat TK dan PAUD

SIBOLGA– Sebanyak 110 orang murid TK dan PAUD se-Kota Sibolga mengambil bagian dalam lomba mewarnai gambar yang diselenggarakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga di Lapangan Simare-mare hari ini, Rabu (16/10). Dari jumlah tersebut, 15 pasang putra-putri berasal dari TK dan 40 pasang putra-putri dari PAUD/BKB Kemas. Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk berkenan membuka secara resmi kegiatan itu.

Lomba ini merupakan bagian dari rangkaian beberapa kegiatan selama empat hari berturut-turut yang akan diadakan kantor tersebut. Selain lomba mewarnai, berikutnya juga ada lomba Pidato Bahasa Indonesia tingkat SLTP yang diikuti peserta 17 putra dan 17 putri, lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SLTA diikuti 18 putra dan 18 putri, lomba bercerita bahasa Inggris tingkat SLTP dengan peserta sebanyak 17 orang dan untuk tingkat SLTA 18 orang, serta lomba menulis cerita rakyat Sumatera Utara yang diikuti peserta dari SLTA dan mahasiswa sebanyak 10 orang ditambah dengan 15 peserta dari umum.

Seturut pernyataan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga Saut Parapat, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan daya kreativitas anak dalam menuangkan idea atau kemampuan imajinasi, mengembangkan kemampuan berbicara atau berpidato di depan umum, juga untuk menumbuhkan minat baca serta mengembalikan minat generasi muda kepada kebudayaan lokal di tengah-tengah begitu derasnya arus globalisasi informasi dan budaya menerpa pelajar-pelajar di masa sekarang ini.

Walikota Syarfi Hutauruk menyambut baik pelaksanaan rangkaian kegiatan itu, sebab para pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang sangat perlu diperhatikan baik dalam pengembangan kecakapan, pemberian motivasi dan penghargaan serta pembangunan karakter yang baik. Sekalipun rangkaian kegiatan tersebut terlihat tidak istimewa di mata awam, tetapi bagi para anak dan remaja yang menjadi pesertanya, tentu saja kegiatan yang mereka ikuti itu akan meninggalkan kesan mendalam bagi mereka, dimana mereka dapat menyadari bahwa mereka diperlukan, diperhatikan dan dihargai oleh pemerintah. Kesadaran seperti itu bermanfaat sebagai bekal bagi pengembangan watak mereka di masa mendatang, sehingga diharapkan mereka dapat terhindar dari pergaulan anak dan remaja yang buruk.

“Dengan keikutsertaan seorang anak dalam sebuah perlombaan, maka tanpa disadari mereka telah memperoleh pengalaman yang berharga mengenai bersosialisasi dan berkompetisi yang memang dibutuhkan mereka. Dengan begitu, anak diperkenalkan pada nilai-nilai sportivitas, nilai semangat juang dan pengendalian emosi dan sifat egois yang umumnya masih melekat kuat pada diri anak-anak. Disamping itu, mengikuti perlombaan juga merupakan terapi bagi mereka untuk menampilkan bakat, minat serta kreativitas yang terkandung di dalam diri seorang anak,” ujar Syarfi.

Selanjutnya ia meminta anak-anak TK dan PAUD yang menjadi peserta untuk mengikuti perlombaan dengan santai dan menikmati saja, tanpa harus dibebani oleh target-target tertentu, sebab waktu perlombaan cukup lama dan yang terpenting ialah segala imajinasi dan kreatifitas anak bisa tersalur.

Selepas acara pembukaan, Walikota didampingi para Asisten, Kakan Perpustakaan dan Arsip serta para kepala SKPD yang hadir berkenan meninjau jalannya perlombaan.

Sesuai keputusan dewan juri, maka para pemenang dari lomba mewarnai ini, yang diumumkan sehabis lomba, berurut dari juara pertama hingga harapan III ialah Baitnuddin, Radhi Fahriansyah, Nocolas, Rafiq, Ahmad Farezi dan Ahmad Gevani Pardede dari tingkat PAUD/BKB Kemas kategori putra. Sementara untuk katgori putri yaitu Vindi Indah Lestari, Indah Ramadhani, Siti Nurhayati, Ayu Lestari Laila, Sabai nan Aluih dan NAdya. Untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK), tiga juara dan tiga harapan untuk kategori putra terurut dari juara pertama ialah Mhd Farid Al Anshori, Rich Ratawana Sibuea, Khairil Fathin Sikumbang, Rifki Rafian Siregar, Salomo Parulian Silaban dan Farel Raihan Mandailing. Sedangkan untuk kategori putri para pemenangnya ialah Chelsi, Adila Zahra, Verani Hani Anggriani, Meyesi Novenia Siburian, Nabilah Harahap dan Airin Ramadhani Hasibuan.

Kepada para pemenang, panitia memberikan hadiah piala serta uang pembinaan, sedangkan kepada seluruh peserta, diberikan juga bingkisan sebagai kenang-kenangan bagi mereka. (gan)


Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk meninjau jalannya lomba mewarnai, Rabu (16/10). Dok. Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X