Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATI HARI SAMPAH NASIONAL, WALI KOTA SIBOLGA DAN RATUSAN WARGA GOTONG ROYONG

SIBOLGA – Ratusan warga Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga menģgelar gotong royong di gang Prona dan gang Bagan Pasar Belakang.

Gotong royong ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional tingkat Kota Sibolga Tahun 2019 dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, hari ini Sabtu (2/3), Pagi.

Kepala dinas PKPLH Kota Sibolga, Ir.Mauli Badia menjelaskan bahwa gotong royong dalam rangka Hari Sampah Nasional Tahun 2019 digelar untuk menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan.

Mauli Badia berharap warga tidak membuang sampah sebarangan. Fasilitas tempat pembuangan sampah yang disediakan oleh pemerintah agar dimanfaatkan dengan baik. Tempat sampah tersebut disediakan pemerintah untuk memudahkan petugas melakukan pengangkutan dan warga tidak membuang sampah ke laut atau sungai, Pungkasnya.

Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, dalam sambutannya mengatakan persoalan sampah bukan hanya menjadi masalah nasional tetapi juga dunia.

Indonesia,kata Syarfi tercatat sebagai negara penghasil sampah terbesar keempat didunia. Predikat ini tentu menjadi cambuk bagi bangsa Indonesia yang dikenal berbudaya dan beradab.

“Bayangkan, saat negara-negara lain berlomba memproduksi produk-produk berteknologi tinggi dan menjadi yang terbaik di dunia, kita malah masih memproduksi sampah, dapat nomor 4 lagi se-dunia,” ungkap Syarfi.

Ia pun berharap warga Kota Sibolga serius membantu penanggulangan sampah ini dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi dampak sampah bagi lingkungan.

“Jangan buang sampah ke laut. Pisahkan antara sampah organik dan non organik. Jika bisa didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat maka itu lebih baik lagi,” ajak Walikota Sibolga.

Pemerintah Kota Sibolga, lanjut Walikota terus berupaya untuk memaksimalkan penaggulangan sampah di Kota Sibolga diantaranya dengan mendirikan bank sampah dan akan membagun tempat pembuangan sampah yang baik sesuai dengan standar yang ada.

“Persoalan kita hanya pada lahan saja. Insya Allah dalam waktu dekat ini Pemko Sibolga dan Tapteng dibantu pemerintah Provinsi akan segera memiliki lahan untuk TPA,” pungkasnya.

Dinas PKPLH Kota Sibolga sendiri untuk memaksimalkan hasil gotong royong hari ini menurunkan seluruh armadanya mulai dari truk sampah, sepeda motor sampah hingga mobil Damkar yang diperbantukan oleh dinas Pol PP dan Damkar Kota Sibolga.

Selain Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM dan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi, terlihat hadir pada gotong royong ini Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara SKM, Para pimpinan OPD dan calon anggota legislatif, Serta Camat dan Lurah Sekota Sibolga.  (mks/amr)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X