Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1440 H / 2018 M, WALI KOTA MENGAJAK MASYARAKAT MEWUJUDKAN NILAI-NILAI KEBERSAMAAN DAN KEKELUARGAAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga melaksanakan Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H/2018 M yang dilaksanakan di pelataran Masjid Agung  Kota Sibolga, Minggu (16/9/2018). Dengan menghadirkan penceramah dari Kota Padang Sidimpuan yaitu Al Ustadz Julfan Efendi Hasibuan, M.A.

Acara ini mengambil tema “Dengan Peringatan Tahun Baru Hijriyah Kota Sibolga Tahun 2018, Mari Kita Jadikan Momentum Hijrah Sebagai Sarana Untuk Pemersatu Umat Beragama di Kota Sibolga, Sehingga Meningkatkan Rasa Persaudaraan Masyarakat Menuju Masyarakat Kota Sibolga yang Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing”

Acara ini hadiri oleh Wali Kota Sibolga Drs.H.M Syarfi Hutauruk, M.M, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Sekda Kota Sibolga M.Yusuf Batubara, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Dra. Hj.Delmeria Sikumbang, Wakil Ketua TP.PKK Kota Sibolga ibu Ida Doharta Hutabarat beserta jajaran anggota PKK, para Asisten dan Staff Ahli Pemko Sibolga,  anggota DPRD Kota Sibolga, Ketua MUI Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, Forkopimda Kota Sibolga, para tokoh agama, toko adat, tokoh masyarakat, generasi muda dan masyarakat Kota Sibolga.

Dalam sambutannya,  Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, M.M, menyampaikan bahwa sejarah tahun baru Islam penuh dengan pelajaran yang tidak ternilai. Momentum itu, adalah sejarah dimana kaum muslimin dapat menegakkan keyakinan keagamaan dengan hak-hak yang penuh atau menggambarkan kegigihan Rasulullah SAW dalam mempertahankan ke Esaan Allah SWT dengan penuh perjuangan dan kesabaran melakukan perjalanan Hijrah menuju Kota Madina.

Wali Kota mengungkapkan, perkembangan yang terjadi dewasa ini telah mengalami perubahan yang besar, dimana hampir semua sektor kehidupan sudah dilanda oleh arus globalisasi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) terutama teknologi informasi dan multimedia telah merambah jalur-jalur vital kehidupan manusia. Maka dengan peristiwa yang terjadi saat ini, kita harus mampu menghadapinya dengan kekuatan iman dan akhlak, serta adanya rasa kepedulian dan kesetiakawanan diantara kita sesama umat manusia.

Melalui memontum ini, dirinya mengajak untuk merenungi dan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan yang telah kita lakukan pada Tahun Hijriyah yang lalu. Dan berupaya pula untuk memperbaiki dan meningkatkannya pada tahun ini. Serta menjaga persaudaraan yang telah di bangun selama ini.

“Makna dan nilai yang dapat kita petik dari peristiwa Hijrah itu seharusnya akan membentuk masyarakat yang kuat dan mantap, mempunyai cita-cita dan pendirian yang kokoh serta dapat mewujudkan nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap  Syarfi Hutauruk.

Diakhir kegiatan, Wali Kota Sibolga didampingi Wakil Wali Kota dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga menyerahkan secara simbolis bibit pohon kurma super kepada perwakilan dari tiap Masjid di Kota Sibolga, dan sekaligus menyerahkan hadiah berupa sepeda motor kepada pemenang MTQ Tingkat dewasa Putra Putri Kota Sibolga Tahun 2018 yang merupakan hadiah dari Wali Kota Sibolga dan Ibu Ketua TP.PKK Kota Sibolga. (mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X