Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATI SUMPAH PEMUDA, WAKIL WALI KOTA SIBOLGA GAUNGKAN KEMBALI TERIAKAN BUNG KARNO

SIBOLGA – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke- 88 yang jatuh tepat pada tanggal 28 Oktober 2016, Pemerintah Kota Sibolga memperingatinya dengan melaksanakan upacara bendera di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga, Jumat (28/10). Upacara ini dihadiri para Muspida, anggota DPRD, Sekda, Asisten, Staf Ahli, persatuan GOW, jajaran ASN, Polri, TNI,  pelajar, serta OKP Kota Sibolga.

Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang mewakili Wali Kota Sibolga yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), dalam pidatonya mengajak para pemuda untuk  mengenang kembali sosok Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan tokoh pemuda masa itu, yang meneriakkan kalimat yang sangat terkenal “beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia”.

Edi Polo Sitanggang menerangkan, “saat pertama kali mendengar pidato bung karno ini, kita mungkin sempat bertanya-tanya apakah mungkin dan bagaimana caranya hanya dengan 10 pemuda, sebuah negara bisa mengguncang dunia?” katanya.

Edi Polo mengungkapkan, ketika beberapa waktu lalu Indonesia berhasil mengantarkan seorang pemuda Indonesia usia 23 tahun bernama Rio Haryanto ke level tertinggi balap mobil internasional F1, kita baru menyadari pernyataan Bung Karno bukan isapan jempol semata. Begitupun ketika kita berhasil mengembalikan tradisi emas di ajang Olimpiade Rio De Jeneiro Brasil beberapa waktu lalu melalui cabang olahraga bulu tangkis, dunia juga berguncang.

Sambungnya, bukan hanya di ajang olahraga, disektor-sektor lain seperti industri kreatif, kita juga menemukan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mengharumkan negara dan bangsa dikancah Internasional. ada Joe Taslim, aktor muda yang berhasil mengguncang panggung hollywood melalui film “fast and farious”. Di dunia musik, kita punya Sandhy Sandoro musisi muda Indonesia yang di usianya 28 tahun telah berhasil menyabet penghargaan Internasional contest of young pop singer pada 2009 dengan mendapatkan nilai nyaris sempurna dari seluruh juri.

 

Selain itu juga, kita juga punya anak-anak muda hebat sekelas Gamal Ali Bin Said, 27 tahun asal Malang Jawa Timur yang berhasil mencuri perhatian Pangeran Charles Inggris atas inovasi asuransi bank sampahnya. Termasuk beberapa waktu lalu kita juga dibuat bangga oleh diplomat muda Indonesia, Nara Masista Rakhmatia yang mampu mengguncang persidangan PBB karena diplomasinya yang keras, cerdas dan tegas melindungi Papua dari rongrongan negara-negara asing.

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran bangsa Indonesia, terutama dimata dunia. Rasanya tidak cukup jika harus menuliskan semua nama pemuda Indoensia yang hari ini mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional. Tokoh-tokoh pemuda yang tadi hanya contoh untuk mengingatkan kembali pesan Bung Karno, bahwa dengan pemuda yang hebat, kita benar-benar bisa menaklukkan dunia, ujar  Edi Polo Sitanggang menekankan.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Edi Polo mengajak seluruh pemuda untuk membuktikan dalam sejarah Indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia, memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya. Di depan mata ada MEA dan perdagangan bebas asia dan dunia, saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia, pungkasnya.  (rian)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X