Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 “JAGA PERSATUAN DAN KEKOMPAKAN’

SIBOLGA – Pemerintah Kota Sibolga menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-90, Wali Kota Sibolga Drs. HM. Syarfi Hutauruk,MM, meminta pemuda Indonesia untuk selalu menjaga persatuan dan kekompakan,demikian dikatakan beliau dalam keterangan persnya, yang dilaksanakan di Lapangan Simare-mare, Senin (29/10/2018).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga, Edi Polo Sitanggang, Sekretaris Daerah M. Yusuf Batubara, Ketua TP. PKK Kota Sibolga yang juga anggota DPRD Sumut Dra. Delmeria Sikumbang, didampingi Wakilnya Doharta Hutabarat, mewakili DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori, Dandim 0211/TT Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto, dan yang mewakili Korem 023/KS, perwakilan dari organisasi kepemudaan seperti KNPI, danPemuda Pancasila serta jajaran OPD Pemko Sibolga.

Dalam sambutannya,Wali Kota Sibolga Drs. HM. Syarfi Hutauruk,MM,menyarankan kepada pemuda Indonesia, untuk menjaga persatuan, dan kekompakan. Sekaligus juga, tidak tertarik dengan hal-hal yang memecah belah bangsa. Kemudian, menghindari hoax, adu domba, dan narkoba.

Menurut beliau, bangsa ini berhutang budi kepada tokoh-tokoh pemuda masa lalu yang telah melahirkan sumpah pemuda. “Kita berhutang budi kepada tokoh-tokoh pemuda masa lalu, dari berbagai kepentingan pemuda yang berbeda agama, berbeda suku, berbeda warna politik, kok bisa bersatu dalam menyatakan sikap dalam sumpah pemuda. Kan ini luar biasa jangkauan cara berfikirnya. Kita sebagai pemuda, hari ini harus mempraktekkan apa yang dibuat sumpah pemuda masa lalu, kita tidak bisa tercabiknya,”ucapnya.

Dikesempatan itu, Wali Kota Sibolga Drs. HM. Syarfi Hutauruk,MM,juga mengatakan bahwa, momentum sumpah pemuda kembali kepada jati diri bangsa. “Bangsa yang bersatu, bangsa yang berdaulat, bangsa yang merah putih. Persatuan kita harus di kedepankan, dari semua kepentingan. Dengan kebersamaan itu, baru kita bisa bertekad untuk mampu membuat pemuda lebih mandiri,”ungkapnya.

Wali Kota melanjutkan, bahwa pemuda banyak meraih prestasi melalui berbagai olympiade pendidikan dan olah raga. “Tercatat melalui berbagai kegiatan, banyak pemuda ini sekarang sudah punya prestasi, baik di olimpiade. Apa yang dibuat di asean para games juga, bayangkan tidak pernah terjadi selama bangsa ini ada, kita peringkat ke 4 dan ke 5 baru-baru ini. Itukan pemuda, bagaimana kita meningkatkan ini. Dengan meningkatkan teknologi dan kualitas pemuda juga harus kita jaga. Agar persatuan kita ini tidak gampang terpecah dengan isu-isu hoax, dengan isu-isu politik aliran,” pungkasnya.

Tak hanya itu, Syarfi juga menyinggung tentang perlunya kegiatan diluar dari sebuah peribadatan agama. Untuk menjalin persatuan dan kesatuan dalam Indonesia. “Bahkan pemuda itu sendiri harus melaksanakan ibadah menurut agamanya. Itu harus kita dorong. Disatu sisi, diluar peribadatan itu, kita juga harus membangun kebersamaan. Dengan kebersamaan ini juga, kita jalankan kemendirian pemuda untuk bangsa ini,” tandasnya.

usai membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Imam Nahrawi pada upacara hari sumpah pemuda yang mengusung thema ‘bangun pemuda, satukan Indonesia’, Wali Kota menyaksikan berbagai pertunjukan yang dipersembahkan oleh para pemuda Kota Sibolga. Dari mulai tari-tarian hingga pertunjukkan pakaian dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Sebagai bukti bahwasanya, pemuda Indonesia solid tetap bersatu didalam Kebhinekaan.(amir dan fj)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X