Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-57 ‘TINGKATKAN BAKTI KEPADA BANGSA DAN NEGARA’

SIBOLGAWaliKota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk,M.M, selaku Kamabicab Kwartir Cabang Pramuka Kota Sibolga, bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Pramukayang ke-57 Kota Sibolga, yang dilaksanakandi Lapangan Simare-mare,Sabtu (29/9/2018). Acara tersebut berjalan dengan sukses dan hikmat.

Peringatan hari pramuka tahun ini mengangkat Thema:”Harus Bisa Lebih Jaya dan Lebih Bisa Meningkatkan Baktinya Kepada Bangsa dan Negara”.

Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk,M.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, gerakan pramuka merupakan salah satu wadah penting pembinaan anak-anak dan generasi muda bangsa. Gerakan pramuka juga merupakan gabungan dan lanjutan dari berbagai organisasi kepanduan yang telah berjuang membina putra-putri bangsa. Dan tidak sedikit diantara organisasi kepanduan telah menanamkan benih-benih semangat kebangsaan dan cinta tanah air, yang juga merupakan bagian dari kepramukaan.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada keluarga besar pramuka Kota Sibolga, dengan usianya yang ke-57, gerakan pramuka Kota Sibolga semoga bertambah jaya dan lebih bisa meningkatkan baktinya kepada bangsa dan negara tercinta, khususnya untuk Kota Sibolga Nauli yang kita cintai ini, ucapnya.

Tak hanya itu, Wali Kota Sibolga juga menyinggung tentang pembangunan yang sedang giat dilakukan dipemerintahan. Menurutnya, semua hasil pembangunan tersebut nantinya, untuk kemajuan para generasi muda.“Dewasa ini, bangsa Indonesia sedang giatnya melaksanakan pembangunan. Pembangunan itu tidak lain adalah untuk adik-adik kami para anggota pramuka sebagai generasi selanjutnya. Dalam pelaksanaan pembangunan sekarang ini, kami para orangtua menginginkan agar kalian dapat lebih maju, lebih makmur dan lebih sejahtera dan kalian pun nantinya akan memikul tugas pembangunan itu sendiri. Pembangunan harus dilanjutkan, ditingkatkan dan diperluas. Untuk itu, adik-adik para anggota pramuka, harus belajar lebih keras untuk memperoleh pengetahuan yang sebanyak-banyaknya, mempersiapkan diri dengan berbagai jenis keterampilan dan keahlian. Sehingga, mampu bekerja untuk bangsa dan masa depan kalian sendiri,” ucap Wali Kota.

Dikesempatan itu, Wali Kota juga menjelaskan hakekat dasar pendidikan kepramukaan. Yakni, meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan, satya dan darma pramuka kepada seluruh peserta didik. Sehingga, anggota pramuka dapat dipersiapkan menjadi kader pimpinan bangsa yang tangguh pada masa depan.

Dimana pendidikan kepramukaan bertujuan untuk menjadikan setiap anggota pramuka menjadi manusia berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya. Menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya,menjadi manusia yang kuat, sehat fisiknya dan menjadi manusia yang berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada negara kesatuan Republik Indonesia, sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya, WaliKota Sibolga, Drs. Syarfi Hutauruk,M.M,mengajak seluruh pramuka, untuk menjadikan peringatan hari pramuka sebagai momen tumuntuk meningkatkan kualitas diri pribadi, untuk hidup yang lebih baik. Karena, semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika bisa bersungguh-sungguh melalui gerakan kepramukaan yang mempunyai tujuan yang sangat mulia.

“Kita berharap, generasi penerus bangsa mampu mempersiapkan dirinya untuk tampil menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, marilah dengan penuh tanggung jawab bersama-sama melakukan upaya, untuk benar-benar memajukan gerakan pramuka di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Sibolga tercinta,” tandasnya.

Ketua Panitia, Rahmat Tarihoran, dalam laporannya menyampaikan, bahwa upacara puncak hari pramuka tersebut, merupakan rangkaian dari kegiatan yang disebut dengan Pekan Bakti Prestasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Sibolga Tahun 2018. Ia menjelaskan, beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelum pelaksanaan upacara,diantaranya, lomba defile dan parade tingkat penggalang DNA penegak se-Kota Sibolga dan Tapteng.

Turut menghadiri acara, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Ketua Pramuka Kota Sibolga Amarullah Gultom, Forkopimda, Sekda M. Yusuf Batubara, para Staf Ahli dan Asisten, pimpinan OPD, Ketua PKK Kota Sibolga Dra. Hj. Delmeria Sikumbang, dan Wakil Ketua Doharta Hutabarat, organisasi wanita, dan para pengurus Pramuka Kota Sibolga.  (amir/mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X