Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PELABUHAN PENYEBERANGAN ASP SIBOLGA RESMI BEROPERASI

SIBOLGA  Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pelabuhan SDP, Dirjend Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hardi Sukarlianto, bersama Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM, dan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang meresmikan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Penyeberangan ASP Sibolga di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan,  yang ditandai dengan dibunyikannya sirine, Rabu (1/6).            

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sibolga Drs. Junifati Ziliwu dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia beserta jajarannya dan kepada Gubernur Provinsi Sumatera Utara atas semua dukungan dan kontribusi yang diberikan sehingga peresmian pelabuhan ini dapat terselenggara hari ini. 

“Ucapan terimakasih sebesarbesarnya juga kami sampaikan kepada Bapak Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Sibolga yang telah memberikan  perhatian yang sangat besar untuk membangun Kota Sibolga  dan melakukan perubahan secara khusus di bidang perhubungan. Terbukti baru tiga bulan pasca pelantikan menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, pada hari ini mengukir sejarah baru dengan pengoperasian perdana Pelabuhan Penyeberangan ASP Sibolga yang berarti bahwa air laut yang ada di Kota Sibolga dirubah menjadi emas untuk menunjang energi untuk memperoleh PAD, membuka lowongan kerja yang baru sektor perhubungan sekarang dan ke depan. “Mari kita doakan Bapak Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM agar tetap sehat, panjang umur dan sukses memimpin Sibolga bersama Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang”, katanya. 

Wali Kota Sibolga Drs. HM Syarfi Hutauruk, MM dalam sambutannya menyampaikan, pelabuhan sebagai salah satu infrastruktur transportasi dapat membangkitkan kegiatan perekonomian suatu wilayah karena merupakan bagian dari mata rantai dari sistem transportasi maupun logistik. “Pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, naik turun penumpang dan bongkar muat barang yang dilengkapidengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antar modal transportasi”, ucapnya.

Wali Kota Juga menyampaikan, proses pembangunan dermaga pelabuhan penyeberangan Sibolga pelaksanaannya telah dimulai sejak tahun 2005, yang dikerjakan dalam 2 tahap yang bersumber dari dana APBN. Dimana pembangunan pelabuhan ini memiliki arti penting dan bermakna strategis, karena berfungsi memudahkan dan memperlancar kegiatan penyeberangan orang, barang dan jasa dari dan ke Pulau Nias maupun daerah Hinterland lainnya.

“Kita tentu menyadari bersama, bahwa sektor transportasi mempunyai peranan pent
ing bagi peningkatan dan pertumbuhan ekonomi dari tingkat
kota/kabupaten hingga tingkat nasional. Ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai sangat didambakan masyarakat dalam melakukan mobilitas dan aktifitasnya”, ujarnya. 

 

Kemudian Kasubdit Pelabuhan SDP, Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Hardi Sukarlianto dalam sambutannya menyampaikan, Peresmian Pelabuhan Penyeberangan Sibolga merupakan penyediaan prasarana transportasi  yang memadai untuk mobilitas masyarakat sehari-hari. “Sesuai renstra Kementerian Perhubungan, salah satu wujud pembangunan infrastruktur adalah pembangunan Pelabuhan penyeberanganSibolga di Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara. Melayani lintas penyeberangan SibolgaGunung Sitoli dan sekaligus menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Nias di Kota Gunung Sitoli. 

Hardi Sukarlianto juga menyampaikan kepada Pemerintah Kota Sibolga sebagai pengelola Pelabuhan Penyeberangan Sibolga agar memperhatikan kondisi fasilitas pelabuhan dari sisi kebersihan, ketertiban dan pencahayaan ruang tunggu penumpang sekaligus serta melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas dermaga secara rutin.“Kepada semua pihak yang telah berusaha secara maksimal mendukung penyelenggaraan angkutan penyeberangan, saya mendorong kiranya dimasa mendatang, angkutan penyeberangan di Indonesia menjadi sistem transportasi yang dapat diandalkan bagi segenap lapisan masyarakat di pelosok nusantara”, harapnya.                        (Amir/Gan)  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *