Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERAYAAN NATAL OIKUMENE KOTA SIBOLGA TAHUN 2018

SIBOLGA – Ribuan umat kristiani dari berbagai gereja yang ada di Kota Sibolga menghadiri perayaan  Natal Oikumene Kota Sibolga dengan Tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (I Korintus 1:30 a) dan SubTema “Melalui Hikmat Yesus Kristus, Kita Sambut Pesta Demokrasi Tahun 2019 Yang Aman dan Damai, Menuju Sibolga Yang Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing”, bertempat di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga, Minggu (09/12/2018).

Acara perayaan Natal Oikumene ini juga turut dihadiri langsung oleh  Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Sekretaris Daerah Pemko Sibolga M. Yusuf Batubara SKM,  Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L.Tobing, S.E, Forkopimda Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Dra.Hj.Delmeria Sikumbang, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga Doharta Ida Hutabarat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Sibolga Masna SE, Ketua GOW Kota Sibolga Naudur Hutauruk, serta ribuan umat kristiani  se-Kota Sibolga.

Mewakili Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga serta atas nama pribadi dan keluarga, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi, mengucapkan selamat “Hari Natal 25 Desember Tahun 2018“ dan juga selamat menyambut “Tahun Baru 1 Januari 2019”,  Semoga perayaan Natal tahun  ini dapat membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan bagi segenap umat Kristiani yang dapat  memberikan  semangat dan harapan baru  untuk melakukan gerakan bersama melalui kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam  rangka mewujudkan Kota Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing, Ucap Wakil Walikota Sibolga mengawali sambutannya.

Beliau melanjutkan, bahwa perayaan natal mengajak umat  kristiani  Kota Sibolga untuk merenungkan kembali peristiwa kelahiran Yesus Kristus  di kandang domba yang mempunyai makna kabar baik tentang sukacita besar, bahwa Mesias dan Raja Dunia yang dijanjikan oleh Tuhan Yang  Maha Esa  justru lahir ditempat sederhana.

“Disisi Lain, Perayaan natal menjadikan umat kristiani hidup didalam kasih agar senantiasa mengambil hikmat dari setiap jalan kehidupan yang sesuai dengan tema tersebut dan  bukan  hanya sekedar kebiasaan atau tradisi semata, melainkan harus benar-benar murni pengakuan  iman atas kelahiran Yesus Kristus Sang  Juru Selamat dan  Penebus Dosa Umat  Manusia, sehingga Natal ini dapat memberi  makna bagi diri kita sendiri, keluarga, serta bagi umat kristiani dan masyarakat.” tuturnya.

Dikesempatan ini, Wakil Wali Kota Sibolga juga mengajak seluruh umat Kristiani untuk tetap memperkokoh keutuhan yang sudah terbina selama ini, mari kita saling menciptakan kedamaian dan keharmonisan antara pemerintah dan masyarakat, antar sesama umat, serta antar umat yang satu dengan umat yang lain, “Pungkasnya.

Dalam sambutan Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kota yang disampaikan oleh sekretaris BKAG Sibolga Pdt.Donald Silaban,S.Th, dalam sambutannya turut mengajak seluruh masyarakat dan umat Kristiani Kota Sibolga untuk tetap dan terus memupuk dan menjaga kebersamaan, kerjasama, saling menghargai, hidup rukun dan berdamai sejahtera dengan sesama.

Turut menyampaikan sambutan, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny Agustinus L.Tobing ,S.E menyampaikan, bahwa alangkah sedihnya ketika didapati saudara-saudara kita yang tergoda oleh sekat-sekat perbedaan-perbedaan yang sebenarnya tidak berarti, karena adanya proses modernisasi yang dapat memisahkan kita. Sebentar lagi kita akan mengadakan pesta demokrasi, mari kita mensukseskan pesta demokrasi tahun 2019, walaupun kita berbeda pilihan, tetapi jangan sampai merusak keutuhan NKRI, Hal ini tentu akan merobek nilai luhur pancasila dan bhinneka tunggal ika yang telah kita sepakati bersama.

Sebelumnya, Ketua Panitia Natal Oikumene Richard M. Pangaribuan,S.Si,  dalam  laporannya mengatakan bahwa, tujuan perayaan  Natal  ini adalah untuk meningkatkan kerukunan dan  kebersamaan umat  kristiani, melalui peringatan  hari-hari besar keagamaan khususnya dalam  merayakan Natal Oikumene di Kota Sibolga, menjalin kerjasama antara unsur lembaga keagamaan kristen, pemerintah dan masyarakat secara terpadu, dan bersikenambungan di Kota Sibolga yang merupakan negeri berbilang kaum perekat antar umat beragama.

Perayaan  Natal Oikumene ini diawali dengan karnaval mobil hias, dimulai dari tugu ikan Jalan Sudirman Kota Sibolga dan selanjutnya bergabung dengan barisan prosesi di depan Gereja Katolik Paroki Katedral Jalan Brigjen Katamso, lalu secara bersamaan menuju lokasi perayaan natal yang diiringi oleh drumband serta musik tiup, dan kemudian dilanjutkan ibadah yang dibawakan oleh pengkotbah Pdt Bishop Darwis P. Manurung, S.Th, M.Psi, yang  merupakan  Ketua Umum PGI Wilayah Sumut.

Di akhir perayaan, juga digelar hiburan dengan  menampilkan artis Sere Voice dari Jakarta, Enola Anggi Sitanggang (Putri Bapak Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi), D’Star Trio dari Tapteng,  penyerahan  bingkisan Natal kepada anak-anak yang hadir pada perayaan Natal, pemberian hadiah kepada pemenang lomba dan penarikan undian lucky draw.  (Tim Kominfo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X