Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERAYAAN HARI JADI KOTA SIBOLGA KE- 316 BERLANGSUNG MERIAH

SIBOLGA WaliKota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk didampingi Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang mengikuti dan melaksanakan sejumlah kegiatan puncak perayaan Hari Jadi Kota Sibolga yang Ke-316, mulai dari sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Sibolga di Gedung Paripurna DPRD Kota Sibolga, kunjungan ke lokasi longsor di Panomboman, Kelurahan Sibolga Ilir dan penandatanganan prasasti pembangunan Jalan Jerambahdi Kelurahan Pancuran Bambu, peresmian Kantor dan gedung gudang dan ruang mekanik truk sampah Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (LHKP) Sibolga di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Aek Parombunan, Sabtu (2/4).

Hadir dalam sidang istimewa Hari Jadi Kota Sibolga ke- 316 di gedung DPRD Sibolga yakni Mantan Wali Kota Sibolga Pandapotan Nasution, Unsur Muspida Kota Sibolga, Ketua Tim Pengerak PKK Hj Delmeria Sikumbang, Kepala Daerah dan DPRD Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, para pimpinan SKPD Kota Sibolga, Camat dan Lurah se- Kota Sibolga.

Perayaan Hari Jadi Kota Sibolga ke- 316 berlangsung cukup meriah, selain ketiga kegiatan tersebut, juga dilaksanakan pawai karnaval mobil hias dari berbagai etnis dan suku yang ada di Kota Sibolga “Negeri Berbilang Kaum ini, ditambah instansi vertikal Kota Sibolga, pameran pembangunan Sibolga Expo, penyerahan penghargaan Indek Integritas Ujian Nasional (IIUN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kepada 7 sekolah tingkat SLTA dan SLTP. Dan pada malam harinya dilangsungkan pesta rakyat dilapangan Simare – mare yang diisi oleh artis asal Medan dan Ibu Kota Jakarta yang dihadiri ribuan masyarakat Kota Sibolga dan bahkan luar daerah.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM dalam sambutannya pada sidang paripurna DPRD menyampaikan, bahwa pendidikan dan kesehatan masyarakat menjadi hal yang diutamakan oleh Pemerintah Kota Sibolga lima (5) tahun ini. Realisasi terhadap hal tersebut dapat kita lihat dari pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM )Kota Sibolga yang senantiasa mengalami peningkatan, sesuai dengan metode baru perhitungan yang dilakukan oleh badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sibolga.  

“Tahun 2011 dan 2012 IPM Kota Sibolga berada pada kriteria sedang dengan nilai sebesar 69,17 dan 69,71. Pada 2 tahun berikutnya yaitu tahun 2013 dan 2014 IPM Kota Sibolga meningkat menjadi kriteria yang tingg
i dengan nilai 70,45 dan 71,01. Angka ini menggambarkan bahwa produktifitas masyarakat Kota Sibolga semakin membaik. Karena di dalam komten IPM  ini salah satunya adalah angka melek huruf dan angka harapan hidup. Kita patut berbangga dengan angka melek huruf di Kota Sibolga yang cukup tinggi,
tahun 2015 yaitu sebesar 99,50 persen. Hal ini membuktikan bahwa upaya pemberantasan buta huruf menunjukkan hasil yang baik,”bebernya.

Wali Kota Sibolga juga mengatakan, angka harapan hidup Kota Sibolga dengan berbagai upaya pembenahan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, pada Tahun 2015 angka harapan hidup yakni 70,39 per rata-rata penduduk.

“Selain itu, masih banyak prestasi-prestasi yang kita capai dalam kurun waktu lima (5) tahun ini, antara lain pada tahun 2015 yang lalu, Pemko Sibolga meraih penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award terbaik tahun 2015 dari Kementerian Kesehatan, dan Penghargaan Satya Lencana  Wira Karya Bidang Keluarga Berencana. Dan tahun 2012 hingga 2014 Pemko Sibolga meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan, penghargaan akuntabilitas kinerja dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi, penghargaan Raskin Award, penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada dan penghargaan penghargaan lainnya yang telah diperoleh Pemko Sibolga,”katanya.

Diakhir sambutannya, Syarfi Hutauruk mengatakan, Pembangunan ekonomi Kota Sibolga lima (5) tahun kedepan akan di titik beratkan pada pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan Pemerintah Kota Sibolga serta akan terus berupaya membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang lebih sejahtera serta berkeadilan.         (amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X