Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PERAYAAN HARI RAYA IDUL ADHA 1439 H/2018 M DI KOTA SIBOLGA BERJALAN LANCAR

SIBOLGAMeskipun kondisi cuaca di Kota Sibolga sedang diguyur hujan, Pemerintah Kota Sibolga tetap melaksanakan sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 Hijriah/2018 M, berjamaah dengan umat muslim Kota Sibolga, di Masjid Al-Akbar Kantor Wali Kota Sibolga, Rabu (22/8/2018) pagi. Pelaksanaan sholat Idul Adha tersebut dipimpin oleh Ustad Ibnu Tasnim Tampubolon, dan berlangsung dengan hikmad dan lancar.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha, selanjutnya dilakukan penyembelihan 29 hewan kurban, bertempat di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga. Sebelumnya, Selasa (21/8/2018) malam, puluhan umat muslim di Kota Sibolga melakukan pawai Takbiran Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 Hijriah/2018 M, dengan mengelilingi Kota Sibolga sembari mengumandangkan takbir.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kota Sibolga M.Yusuf Batubara, usai melaksanakan sholat Idul Adha menyampaikan, saat ini umat Islam yang mempunyai kesempatan dan kemampuan dari berbagai penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkatul Mukaromah, meninggalkan tanah air, sanak keluarga dan segala aktifitas rutinnya, untuk memenuhi panggilan Ilahi dengan mengumandangkan kalimat talbiyah.

“Pada hari ini mereka sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Mudah-mudahan mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna, sehingga menjadi haji mabrur yang diterima oleh Allah SWT,” imbuhnya.

Yusuf menjelaskan, Ibadah Haji merupakan ibadah maliyah, badaniyah dan ruhaniyah yang dituntut kesiapan fisik, mental, pengorbanan dan kesabaran yang amat berat yang hanya bisa dilakukan di Mekkah. Dan bagi kita yang tidak melaksanakan ibadah haji dituntut untuk melakukan sholat Idul Adha, dan bagi orang yang mampu dituntut juga untuk melakukan penyembelihan hewan kurban. Karena dengan ibadah kurban kita belajar untuk lebih bertakarub dan mencintai Allah SWT, sebagai Maha Pencipta sebagaimana yang pernah terjadi, perintah berkurban itu kepada Nabi Ibrahim As terhadap anaknya Nabi Ismail As,” ucapnya.

Adapun hikmah dan keutamaan lain dari peringatan Hari Raya Idul Adha adalah ibadah kurban, yang didasarkan atas keikhlasan memberikan dan melepaskan sesuatu yang kita miliki sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT. “Karena semua hal yang kita miliki termasuk harta, pangkat, derajat, keluarga, bahkan diri kita sendiri sejatinya merupakan titipan dan amanah dari Allah SWT yang kelak harus dilepaskan apabila diminta sang Maha Pemilik,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, M.Yusuf Batubara mengucapkan selamat kepada mereka yang berkurban. Semoga dengan niat yang tulus, ikhlas, semoga amal ibadah diterima Allah SWT, dosa dan kesalahan diampuni, serta segala usaha dan aktifitas diberkati. (mks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X