Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Wali Kota Serahkan Bantuan Dana E-Warong & Kube Jasa Kepada Penerima Manfaat

SIBOLGA – Upaya mengentaskan kemiskinan, Pemerintah Kota Sibolga melalui program kerja Kementerian Sosial RI, memberikan bantuan pengembangan sarana usaha (BPSU) melalui bantuan dana E-Warong & Kube Jasa Kota Sibolga kepada masyarakat. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, di Aula Kantor Walikota Sibolga, Senin (29/5). Turut mendampingi Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang, Wakil Ketua DPRD Hendra Sapuhtra dan anggota Syarifuddin Lubis, dan pimpinan Bank BNI Kota Sibolga. 

Drs. H.M. Syarfi Hutauruk dalam sambutannya menyampaikan, bahwa E-Warong adalah program inovasi oleh Kementerian Sosial RI yang bermitra dengan Bank BUMN seperti BNI dalam hal pelaksanaannya. Program ini merupakan bantuan sosial kepada masyarakat sebagai tindak lanjut upaya mengentaskan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH) dengan kelompok usaha bersama (Kube).

E-Warong melayani warga miskin peserta PKH dan penerima beras sejahtera (Rastra) pemegang kartu bantuan sosial. Program E-Warong diharapkan dapat membantu perubahan mekanisme setiap penyaluran bantuan pemerintah dari tunai menjadi bantuan non tunai, sekaligus meningkatkan pengawasan sehingga tidak dapat diselewengkan lagi.Sistem penyaluran bantuan sosial berbasis non tunai ini untuk mencegah distribusi yang tidak tepat baik dari kualitas maupun kuantitas,  ujar Syarfi Hutauruk.

Lanjut Syarfi, Pemerintah Kota Sibolga melalui program kerja Kementerian Sosial RI memberikan bantuan pengembangan sarana usaha (BPSU) melalui bantuan dana E-Warong & Kube Jasa Kota Sibolga Tahun 2017. Bantuan ini adalah bentuk perhatian dan silaturahmi dengan masyarakat yang kurang mampu dalam upaya pemberdayaan agar menjadi lebih mampu dan mandiri untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Kami berharap bantuan dan perhatian dari pemerintah ini dapat dijadikan sebagai pendorong semangat atau motivasi dalam berusaha. Kita harus tanggguh dan kuat dalam menghadapi rintangan kalau mau sukses. Kita juga harus dapat bertahan dalam menghadapi dan menyikapi kondisi perekonomian yang kurang menguntungkan saat ini. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik dan benar, sehingga kita mampu menggalakkan usaha perekonomian masyarakat yang berdaya saing terutama usaha mikro kecil dan koperasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga Amir Bahsyan Laoli, dalam laporannya menyampaikan, bahwa pengertian dari E-Warong dan Kube Jasa adalah pemberian bantuan dari Kementerian Sosial RI secara non tunai melalui E-Warong dan Kube Jasa, yang dibentuk dari masyarakat penerima program keluarga harapan (PKH) dan pemilik kartu keluarga sejahtera (KKS).

Untuk E-Warong dan Kube Jasa di Kota Sibolga terdapat di 5 titik, yakni BPSU Gabu di Jalan Sibolga Baru No. 62, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota. BPSU Kamboja di Jalan Hutabatu 2, No.2 Kelurahan Huta Tonga-tonga, Kecamatan Sibolga Utara. BPSU Matahari di Jalan Pulo Rembang, No. 21, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota. BPSU Cempaka di Jalan SM Raja, Gang Amal, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan dan BPSU Anggrek di Jalan SM Raja No. 97, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, ungkapnya.  (amir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X